Suasana pemakaman Jakob Oetama. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pemakaman tokoh pers nasional, Jakob Oetama, dipimpin Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla. Pria yang akrab disapa JK ini memimpin langsung upacara pemakaman tokoh pers nasional itu di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

“Bapak Jakob Oetama meninggal dunia demi kepentingan dan keseluruhan negara dan bangsa pada Rabu 9 September pukul 13.05 WIB karena sakit,” kata dia saat memimpin pemakaman Jakob Oetama di TMP Kalibata Jakarta, Kamis, seperti dilansir dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Dihebohkan Fitri Carlina, Rakernas II ASITA di Surabaya Sukses

Pada kesempatan itu, JK juga mendoakan agar almarhum diberikan tempat terbaik serta perbuatan baiknya selama hidup dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat. “Semoga arwahnya mendapat tempat semestinya di alam baka,” ujar dia.

Jusuf Kalla juga menjadi orang pertama yang menimbunkan tanah menggunakan sekop ke liang lahat anggota MPR RI periode 1971 hingga 1977 tersebut yang disusul perwakilan keluarga Jakob Oetama.

Baca juga:  Peduli Pegiat Budaya, AHM Salurkan Bantuan Hadapi Pandemi

Tokoh pers nasional kelahiran 27 September 1931 di Desa Jowahan, Borobudur, Jawa Tengah tersebut diketahui meninggal dunia pada Rabu siang pukul 13.05 WIB. Sebelumnya, almarhum sudah melalui masa kritis atau koma sejak Minggu sore (6/9) akibat penyakit yang dideritanya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.