Marsma TNI Wayan Superman

DENPASAR, BALIPOST.com – Wayan Superman, Putra Bali asal Buleleng mendapatkan promosi pangkat bintang dan menjabat marsekal pertama atau Marsma (bintang satu) di TNI AU. Marsma TNI Wayan Superman, kini menjabat posisi strategis di Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh Malang type A. Ia menggantikan Danlanud sebelumnya yang merupakan seniornya yaitu Marsma TNI Hesly Paat.

Penunjukan Marsma TNI Wayan Superman ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/666/VIII/2020 tanggal 26 Agustus 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Marsma TNI Wayan Superman dipromosikan dari jabatan sebelumnya wakil asisten perencanaan (waasrena) KASAU. “Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Panglima dikutip dari laman resmi TNI, Rabu (9/9).

Panglima Koopsau (Pangkoopsau) II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, memimpin acara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, dari pejabat lama Marsma TNI Hesly Paat kepada pejabat baru Marsma TNI Wayan Superman, di Gedung Cakrawala Lanud Abdulrachman Saleh, Selasa (8/9).

Baca juga:  IDRWC Diikuti 7 Negara

Marsma TNI Wayan Superman menyampaikan bahwa, dirinya merupakan orang lama Lanud Abdulrachman Saleh karena pernah berkarier sebagai perwira penerbang pesawat Hercules di Skadron Udara 32. Namun demikian telah terjadi perkembangan selama beberapa tahun setelah ditinggalkannya, sehingga perlu update pengetahuan agar mampu melaksanakan tugasnya.

Menurutnya, salah satu program kerjanya ke depan yakni zero accident dalam operasional penerbangan di Lanud Abdulrachman Saleh.

Untuk diketahui, Marsma TNI Wayan Superman adalah alumni AAU tahun 1992 sebelumnya menjabat Wakil Asisten Perencanaan (Waasrena) Kasau. Dalam kariernya tercatat sebagai penerbang pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh dengan nama sandi Herky 46.Marsma TNI Wayan Superman merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1992.

Baca juga:  Kabag Ops dan Kapolsek Melaya Diganti

Ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Skadron Udara/Angkut Berat 32.Skadud 32 berada di bawah kendali Wing Udara 2 dan bermarkas di Lanud Abdulrachman Saleh. Di lingkungan TNI AU sendiri, nama Wayan Superman juga dikenal sebagai penerbang handal pesawat Hercules, yang hingga saat ini telah mengantongi 6.000 jam terbang.

Dari komandan skadud, karier Marsma TNI Wayan Superman terus naik. Pada 7 April 2014, dia dipromosikan sebagai komandan Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh. Dalam perjalanannya dia pernah mengemban berbagai tugas dan jabatan. Salah satunya dipromosikan sebagai Danlanud I Gusti Ngurah Rai Bali di tahun 2017 dan menjabat selama 19 bulan.

Saat bertugas sebagai Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Marsma TNI Wayan Superman menjadi salah satu perwira TNI AU yang terlibat langsung dalam pengamanan kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud beberapa hari di Bali pada Maret 2017 lalu. Pengamanan ketat dilakukan selama Raja Salman berlibur, mulai dari kedatangannya hingga meninggalkan Bali. Ia ikut mengomandoi anggotanya di Lanud I Gusti Ngurah Rai dalam pengawalan pengamanan orang nomor satu di Kerajaan Arab Saudi tersebut.

Baca juga:  Kolonel Pnb Wibowo Cahyono Jabat Danlanud I Gusti Ngurah Rai

Selain itu juga di tahun 2017 tepatnya di bulan Juni mengawal kedatangan Barack Obama berlibur ke Bali usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta.Kemudian melakukan pengamanan saat Barack Obama akan kembali ke Negaranya melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Serta sejumlah pesawat delegasi VVIP sekelas Presiden dan Kepala Negara parkir di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Selepas memimpin Lanud I Gusti Ngurah Rai, prajurit kelahiran Buleleng ini bertugas sebagai Paban IV/Renprogar Srenum TNI dan selanjutnya diberi kepercayaan sebagai waasrena KASAU sejak 26 Mei 2020. Hanya tiga bulan di posisinya itu, Marsma TNI Wayan Superman dipromosikan untuk bertugas pada jabatan strategis teritorial dengan menjabat Danlanud Abdulrachman Saleh. (Yudi Karnaedi/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.