Made Sukerana dipastikan absen saat menjalani tes kesehatan karena masih menjalani perawatan proses penyembuhan pasca dinyatakan positif Covid-19. (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bakal calon bupati dan wakil bupati Karangasem yang bakal bertarung di Pilkada 9 Desember mendatang mendapatkan jadwal untuk menjalani tes kesehatan mulai Rabu 9 sampai 10 September. Dari empat kandidat, satu orang dari paket Massker yakni, I Made Sukerena dipastikan absen.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Karangasem, Putu Darma Budiasa, Selasa (8/9) mengungkapkan, bakal calon khusus Kabupaten Karangasem mendapatkan jadwal tes kesehatan mulai hari Rabu, di Rumah Sakit Umum Sanglah Denpasar. Tes akan dilakukan selama dua hari 9 -10 September. “Untuk jadwal besok (Rabu- red) bakal calon menjalani tes kesehatan. Sedangkan pada tanggal 10 akan menjalani tes psikologi,” ucapnya.

Darma Budiasa, menambahkan, dari paket Dana -Dipa (I Gede Dana dengan I Wayan Artha Dipa) keduanya dipastikan akan mengikuti tes yang sudah dijadwalkan. Sedangkan Massker (I Gusti Ayu Mas Sumatri dengan I Made Sukerana) satu orang, yakni wakil Sukerena sudah dipastikan tidak bisa mengikuti tes kesehatan. Sebab, sampai saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit pasca dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Baca juga:  Bali Wajib Karantina ABK dari Negara Terjangkit COVID-19

“Tiga orang sudah dipastikan mengikuti tes sesuai jadwal. Sedangkan satu calon (Sukerena, red) memang tak bisa mengikuti tes karena masih menjalni perawatan untuk proses penyembuhan akibat COVID-19. Kita juga belum mendapatkan konfirmasi dari leaison officer (LO) paket Massker terkait masalah perkembangan kesehatan Sukerena pasca dinyatakan positif COVID-19,” katanya.

Dia menjelaskan, KPU memang memberikan kelonggaran waktu bagi calon yang dinyatakan positif COVID-19 selama 20 hari untuk mengikuti tes kesehatan. Hanya saja, pihaknya berharap Sukerena sembuh dan hasil swab negatif sebelum dilakukannya penetapan bakal calon pada 23 September dan pengundian nomor urut kedua paslon pada 24 September.

Baca juga:  Bali United Wajib Menang Atas Badak Lampung di Stadion Dipta

“Kita harapkan beliau sudah sembuh sebelum tanggal itu. Bila sampai kelonggaran waktu yang diberikan belum juga sembuh, maka pihaknya kembali akan membuat SK perubahan tahapan tes kesehatan bagi yang positif. Sementara untuk kelanjutan yang lainnya masih akan dikomunikasikan lebih lanjut seperti apa,” tegasnya.

Ketua Tim Pemenangan Paket Massker, I Nengah Sumardi mengakui, kalau I Gusti Ayu Mas Sumatri secara umum sudah siap untuk menjalani tes kesehatan. “Intinya beliau sudah siap mengikuti tes kesehatan. Nanti saat tes akan dipandu oleh konsultan. Sementara untuk Sukerena masih menjalani perawatan di rumah sakit untuk proses penyembuhan pasca dinyatakan positif COVID-19. Sehingga tak bisa ikut menjalni tes kesehatan,” kata Sumardi.

Baca juga:  585 PMI Asal Jembrana Sudah Selesaikan Masa Karantina, 18 orang Positif

Sementara itu, Bakal Calon I Gede Dana, juga mengakui kalau dirinya sudah siap menjalni tes kesehatan yang dijadwalkan KPU. Sebelum tes, dirinya menjaga kesehatan dan pola makan agar kondisinya fit saat menjalani tes. “Saya sudah siap mengikuti tes kesehatan dan tinggal mengikuti petunjuk tenaga medis saat tes nanti,” jelas Gede Dana. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.