Gubernur Koster bertemu dengan pengurus IHGMA, Kamis (3/9). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kualitas SDM lokal Bali dinilai tidak kalah dengan orang asing dalam menempati posisi strategis di hotel-hotel. Seperti misalnya posisi General Manager (GM). Oleh karena itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengimbau para pemilik hotel agar lebih memprioritaskan SDM lokal untuk menduduki jabatan tersebut.

“Saya imbau para pemilik hotel agar lebih memprioritaskan SDM lokal kita untuk memimpin perusahaannya. Saya yakin jika orang lokal diberi kesempatan belajar yang sama seperti orang asing maka orang kita tidak akan kalah bersaing dengan GM asing,” ujarnya saat menerima DPP IHGMA dan Panitia Musda DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Provinsi Bali, di Denpasar, Kamis (3/9).

Baca juga:  Cadangan Listrik Surplus, PLN Yakinkan Investor Berinvestasi di Bali

Koster sendiri menyambut baik adanya asosiasi GM lokal di Bali. Pihaknya berharap agar para GM lokal mampu menjadi garda terdepan dalam penyelamatan budaya Bali sebagai konsep kepariwisataan di Pulau Dewata. Itu sebabnya, para eksekutif perhotelan lokal didorong lebih banyak berperan mengambil posisi strategis pada hotel-hotel di Bali.

“Saya instruksikan pak Kadisparda Bali agar segera menyiapkan dan menyusun standar upaya peningkatan kualitas para GM lokal Bali ini sehingga memiliki daya saing global yang kongkrit,” jelas mantan anggota DPR RI tiga periode ini.

Baca juga:  Badung Optimis PHR Tembus Rp2 Triliun Lebih

Berkaitan dengan pandemi COVID-19, Koster meminta pekerja pariwisata khususnya yang bergerak di bidang perhotelan tetap menjaga kebersamaan. Kemudian, saling membantu satu sama lain.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP IHGMA, I Made Ramia Adnyana menyatakan dukungannya terhadap program Pemprov Bali di bidang kepariwisataan. Termasuk ikut berperan dalam menstimulasi pembangunan pariwisata daerah.

“Dari para GM, semua Pergub terkait pelestarian dan pemberdayaan budaya Bali bisa kita kuatkan karena akan diteruskan di unit hotel masing-masing hingga karyawan dan keluarga serta masyarakat sekitarnya” ujarnya. (Rindra Devita/balipost)

Baca juga:  Sandang Predikat Kota Terbaik Dunia, Ubud Masih Hadapi Persoalan Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *