FK Unud melaksanakan donor darah rutin dan untuk TPK, diikuti TNI dan Polri. (BP/may)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) melaksanakan donor darah rutin. Yang spesial, dilakukan donor darah untuk terapi plasma konvalesen (TPK) pada Sabtu (15/8) di Gedung Cakra Vidhya Usadha, FK Unud. Donor darah diikuti 200-an peserta.

Hadir pada hari itu Danrem, Kapolresta Denpasar, Rektor Unud, Ketua Senat Unud, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, IDI Bali, Dandim, Kakesdam, Karumkit, dan Ketua UTD PMI Bali.

Baca juga:  Hamil Delapan Bulan, Wanita 21 Tahun Diadili Kasus Narkoba

Dekan FK Unud Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B.,Sp.OT (K) mengatakan, COVID-19 berdampak pada semua komponen masyarakat. Sehingga kondisi yang memprihatinkan ini memerlukan langkah bersama untuk meningkatkan sinergitas baik dari akademisi, TNI, Polri maupun masyarakat.

Salah satunya menggandeng TNI, Polri memberikan sembako ke panti asuhan termasuk nelayan. Kemudian melakukan peninjauan TPK ke RS Unud yang ditindaklanjuti dengan webinar pada hari itu.

Lanjut Suyasa, TPK merupakan alternatif terapi yang sedang dikembangkan. Beberapa pasien yang ditangani dengan TPK yang awalnya dari RSAD, kemudian secara klinis membaik saat perawatan di RS Unud.

Baca juga:  Ditemui IDI, Ini Disampaikan Pangdam

Rektor Unud Prof. Dr.dr. AA. Raka Sudewi, Sp.S. mengapresiasi kegiatan donor darah rutin dan donor darah untuk TPK yang dilaksanakan FK Unud. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.