DENPASAR, BALIPOST.com – Personel Kodam IX/Udayana tak luput dari paparan COVID-19. Hinggga saat ini tercatat 51 orang kena virus tersebut dan 46 personel sudah sembuh.

Satu anggota yang masih dirawat di RSUP Sanglah menjalani transfusi plasma dan kondisinya terus membaik. Oleh karena itu, 28 personel kodam yang sembuh COVID-19 mengikuti donor darah plasma konvalesen di Aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar.

Selanjutnya darah tersebut diproses jadi plasma dan akan ditransfusikan ke pasien COVID-19. “Tentunya kami sangat menghargai personel Kodam sukarela mendonorkan darahnya, selanjutnya diproses jadi plasma. Saya selaku Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya nanti kami akan berikan penghargaan karena mereka adalah pahlawan dalam perang melawan COVID-19,” ujar Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara, Selasa (11/8).

Baca juga:  Hari Juang Kartika, Pangdam Serahkan Penghargaan Veteran

Pangdam memahami masyarakat yang pernah terpapar COVID-19, masih ragu-ragu mendonorkan darahnya. Namun dari hasil penelitian menyatakan donor tersebut tidak berpengaruh terhadap imunitas atau kesehatan warga pernah terjangkit virus ini.

Ini terbukti di Secapa AD tidak ada masalah dan pendonornya tidak terpapar COVID-19 lagi. “Saya mengimbau kepada masyarakat yang pernah terpapar COVID-19 untuk tidak segan-segan mendonorkan darahnya. Tapi sebelumnya akan diperiksa oleh dokter kompeten,” tegasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.