Petugas RS Sanjiwani dan aparat kepolisian mengevakuasi ibu yang melahirkan di mobil patroli. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Seorang ibu hamil, Sri Wenti Misa (22) melahirkan putra pertamanya di mobil patroli Polsek Blahbatuh pada Minggu (2/8) malam. Proses melahirkan itu terjadi saat dalam perjalanan menuju RS Sanjiwani Gianyar.

Kronologisnya, sang ibu yang sedang hamil ini diantar petugas Polsek Blahbatuh yang kala itu sedang patroli. Setiba di rumah sakit berlamat di Jalan Ciung Wanara itu, ibu dan anaknya ini langsung mendapat penanganan.

Suami Sri Wenti, Melki Kause menuturkan awalnya ia bersama istrinya mendapat rujukan dari salah satu bidan untuk segera ke RSUD Sanjiwani Gianyar. Pria 22 tahun ini lantas membonceng istrinya menggunakan sepeda motor, didampingi kerabat yang juga membawa sepeda motor.

Setiba di Jalan Gajah Mada sebelah barat Puskesmas II Blahbatuh, ibu hamil ini mengeluhkan perutnya mulai sakit. “Istri saya mengeluh perutnya sakit, karena tidak kuat akhirnya saya menepi,” kata Melki dihubungi via telepon Senin (3/8).

Baca juga:  Klungkung Dikepung Daerah Zona Merah Rabies

Beruntung ada petugas polisi yang sedang patroli. Diduga kala itu polisi merasa curiga, dan setelah mengecek ternyata itu merupakan ibu hamil yang akan melahirkan. “Akhirnya kami dibantu dengan naik mobil patroli menuju RSUD Sanjiwani,” katanya.

Sementara itu Kapolsek Blahbatuh, AKP Yoga Widyatmoko menceritakan awalnya unit patroli Polsek Blahbatuh melakukan pengecekan wilayah. Mereka diantaranya Iptu I Ketut Suita, Ipda I Nyoman Sika, AIPTU I Ketut Merta, Bripka I Nyoman Mara Arta. “Waktu itu anggota patroli kami yang berjumlah empat orang melihat hal tersebut, dibantulah mereka dan menaikkan ibu hamil tersebut ke atas mobil patroli untuk cepat dilarikan ke RS Sanjiwani,” ujarnya.

Baca juga:  Siswa SMKN 1 Mas Sulap Sampah Plastik Jadi Sofa

Belum sampai di Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar, sang ibu keburu melahirkan tanpa bantuan medis. “Lahirannya di atas mobil polisi, tepatnnya di jembatan kembar Jalan Bypass Dharma Giri Buruan Gianyar,” ungkapnya.

Unit patroli langsung membawa ibu dan bayinya tersebut ke Rumah Sakit Sanjiwani untuk mendapatkan penanganan medis. Dikatakan meski mengalami proses peprsalinan di atas mobil patroli, ibu dan bayi dalam kondisi selamat.

Kapolsek Widyatmoko mengatakan bahwa keluarga ibu melahirkan ini menyampaikan terimakasih kepada jajaran kepolisian. “Bersyukur, bayi dan ibunya sehat. Unit patroli langsung mambawa ibu dan bayinya ke RS,” kata Kapolsek.

Humas RSUD Gianyar A.A. Parwata dikonfirmasi mengatakan setiba di rumah sakit, ibu dan bayi langung ditangani petugas yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Dikatakan hasil pengecekan ibu dan bayi dalam kondisi sehat.

Baca juga:  Warga Saba Resah, Siswa SD Diduga Alami Percobaan Penculikan

Bayi tersebut lahir dengan panjang 49 cm dan berat 3,1 kg. “Bayi sudah mendapat perawatan, sampai saat ini dalam kondisi sehat,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana menyampaikan apresiasi terhadap personil di lapangan yang secara tulus membantu, hingga bayi itu lahir di mobil patroli Polsek Blahbatuh dan mengantar sampai di Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar. “Semoga bayi yang dilahirkan diatas mobil patroli Polsek Blahbatuh bisa tumbuh menjadi putra yang berguna bagi bangsa dan negara,” pungkasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.