Gede Mugi Raharja. (BP/win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Prof. Dr. Drs. I Gede Mugi Raharja, M.Sn. dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap bidang Ilmu Kajian Desain Interior di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar pada Dies Natalis XVII tahun 2020, Selasa (28/7). Dalam upacara pengukuhan yang dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Cok Ace itu, profesor asal Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini membawakan orasi ilmiah berjudul “Estetika Matematis Arsitektur dan Desain Interior (Sebuah Kajian Berdasarkan Estetika Reanisans).

Prof. Mugi Raharja mengaku dengan dikukuhkannya sebagai Guru Besar, semakin memacu semangatnya untuk terus mengkaji disain interior khususnya yang ada di Bali. Menurut akademisi berusia 57 tahun ini, bidang disain memiliki hal yang berbeda dari seni umumnya, karena desain bersifat fisik dan nyata. “Disain itu tidak hanya soal rasa, tapi ada ada unsur matematis. Tanpa mempertimbangkan unsur matematis dalam disain, itu bisa menjadi kacau,” ujarnya pada saat orasi ilmiah.

Baca juga:  Lagi, Internet di Puspem Badung Bermasalah

Pada awalnya, anak tunggal dari pasangan I Wayan Martha, BA. (alm) dan Ayu Menaka ini bercita-cita menjadi arsitek. Namun, ia diterima di Jurusan Seni Rupa di Fakultas Teknik Unud pada 1982 yang berubah menjadi Jurusan Seni Rupa, kemudian menjadi Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) pada 1983 dengan bidang keahlian disain interior .Berbagai penghargaan pernah diraihnya saat menjadi mahasiswa S1. Seperti, menjadi mahasiswa teladan II Unud (1986) dan juara lomba karya tulis ilmiah mahasiswa. Selesai pendidikan S1 pada 1988, Prof. Mugi Raharja diangkat menjadi Dosen PSSRD Unud pada tahun 1990.

Baca juga:  Malam Ini Pembukaan PKB ke-39, Ini Persembahan ISI

Pria kelahiran Lombok, 5 Juli 1963 kemudian melanjutkan S2 di ITB mengambil bidang ilmu disain (1996-1999). Suami dari Putu Purwati ini tertarik mengkaji disain, arsitektur dan pertamanan dengan beberapa pendekatan ilmu. Setelah itu, ayah dua anak ini melanjutkan studi S3 Kajian Budaya (2010-2013) yang lulus dengan predikat Cumlaude. Sebelum studi S3, Prof. Mugi Raharja pernah menjabat Pembantu Ketua Bidang Akademik di PSSRD Unud (2000-2004), Redaksi Pelaksana Majalah Alumni “WAHANA” Unud (1992-1996), dan Pembantu Dekan Bidang Akademik FSRD ISI Denpasar (2005-2009).

Baca juga:  Cok Ace Dikukuhkan sebagai Guru Besar

Atas prestasi dan dedikasinya tersebut, Prof. Mugi Raharja dilantik sebagai Dosen dengan jabatan fungsional Guru Besar pada Bidang Ilmu Kajian Desain Interior pada 30 Oktober 2019. Usulan menjadi Guru Besar dilakukan sejak 1 Juni 2019. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.