Suasana RPH Abinbase yang sering digunakan untuk tempat pemotongan hewan kurban, Selasa (28/7). (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Serangkaian perayaan Idul Adha pada Jumat (31/7) mendatang, akan dilakukan pemotongan puluhan hewan kurban. Namun di tengah pandemi COVID-19, proses pemotongan hewan dan pembagian daging untuk ribuan duafa ini akan dilakukan selama dua hari, dengan tetap menekankan protokol kesehatan. Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Gianyar Muhamad Suyana, Selasa (28/7).

Suyana mengatakan, sejauh ini tercatat hewan kurban yang siap dipotong yakni di Masjid Al’ala sebanyak 9 hewan kurban, di Semabaung 17 hewan kurban, Belega sebanyak 4 hewan kurban, di Samplangan sebanyak 2 hewan kurban, serta Pasdalem sebanyak 2 hewan kurban. “Nanti pemotongannya pun dilakukan di masing-masing masjid. Untuk yang di wilayah Kota Gianyar akan dipusatkan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Abianbase, “ katanya.

Baca juga:  Tradisi Toron, Ribuan Kendaraan Padati Jembatan Suramadu

Dikatakan, pemotoangan dan pembagian daging akan dilakukan dalam dua tahap, yakni pada Jumat (31/7) malam serta tahap kedua pada Sabtu (1/8). Nantinya, daging kurban ini akan dibagikan kepada 2.000 duafa Muslim dan non-Muslim di Kabupaten Gianyar. “Nanti akan dibagikan di masing-masing masjid. Akan menggunakan sistem barcode biar lebih cepat,” katanya.

Ditambahkan, saat pembagian daging kurban dipastikan akan mengutamakan protokol kesehatan. Prosesnya dibatasi masing-masing sebanyak 100 jamaah pada setiap jamnya, “Mengingat adanya protokol kesehatan, nanti kami akan bagi masing-masing 100 jamaah setiap jamnya,” tegasnya. (Manik Astajaya/balipost)

Baca juga:  Pangdam Berbaur dengan Ribuan Jamaah di Lapangan Makorem
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *