Petugas mengambil spesimen untuk dites PCR. (BP/eka)

WASHINGTON, BALIPOST.com – Para ilmuwan telah mengetahui selama beberapa bulan bahwa COVID-19 dapat tersuspensi dalam mikrodroplet yang dikeluarkan oleh pasien ketika mereka berbicara dan bernapas. Tetapi sampai sekarang tidak ada bukti bahwa partikel-partikel kecil ini menular.

Sebuah studi baru oleh para ilmuwan di Universitas Nebraska yang diunggah ke situs medis pracetak pada minggu ini, dikutip dari AFP, menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa SARS-CoV-2 yang diambil dari mikrodroplet, yang ukurannya di bawah lima mikron, dapat mereplikasi dalam kondisi lab.

Ini meningkatkan hipotesis bahwa berbicara dan bernafas normal, tidak hanya batuk dan bersin, bertanggung jawab untuk menyebarkan COVID-19. Dan bahwa dosis infeksi virus dapat menempuh jarak yang jauh lebih dari enam kaki (dua meter) yang disarankan oleh pedoman jarak sosial. .

Hasilnya masih dianggap pendahuluan dan belum muncul dalam jurnal peer-review, yang akan memberikan kredibilitas lebih untuk metode yang dirancang oleh para ilmuwan.

Baca juga:  Pengunggah Postingan Guide Lokal Besakih Patok Uang Tip Buat Klarifikasi

Makalah ini diposting ke situs web medrxiv.org, di mana sebagian besar penelitian mutakhir selama pandemi pertama kali dipublikasikan.

Tim yang sama menulis makalah pada Maret yang menunjukkan bahwa virus itu tetap mengudara di kamar pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit, dan penelitian ini akan segera diterbitkan dalam jurnal, menurut penulis utama.

“Ini sebenarnya cukup sulit” untuk mengumpulkan sampel, kata Joshua Santarpia, seorang profesor di Pusat Medis Universitas Nebraska.

Tim menggunakan perangkat seukuran ponsel untuk tujuan itu, tetapi “konsentrasinya biasanya sangat rendah, peluang Anda untuk mendapatkan kembali material sangat kecil.”

Para ilmuwan mengambil sampel udara dari lima kamar pasien yang terbaring di tempat tidur, pada ketinggian sekitar satu kaki (30 sentimeter) di atas kaki tempat tidur mereka.

Baca juga:  Atasi Jerawat di Wajah dengan 6 Kebiasaan Ini

Para pasien berbicara, yang menghasilkan mikrodroplet yang melayang di udara selama beberapa jam, dalam apa yang disebut sebagai “aerosol,” dan beberapa batuk.

Tim berhasil mengumpulkan mikrodroplet dengan diameter satu mikron.

Mereka kemudian menempatkan sampel-sampel ini ke dalam kultur untuk membuatnya tumbuh, menemukan bahwa tiga dari 18 sampel yang diuji dapat mereplikasi diri

Bagi Santarpia, ini merupakan bukti bahwa mikrodroplet, yang juga menempuh jarak yang jauh lebih besar daripada tetesan besar, mampu menginfeksi manusia. “Ini direplikasi dalam kultur sel dan karenanya menular,” katanya.

Penggunaan Masker

Potensi penularan mikrodroplet dari coronavirus pada satu tahap dianggap mustahil oleh otoritas kesehatan di seluruh dunia. Belakangan, para ilmuwan mulai mengubah pikiran mereka dan mengakui bahwa itu kemungkinan, yang merupakan alasan untuk penggunaan masker universal.

Baca juga:  SE Gubernur Terbaru Haruskan Sektor Non Esensial Tutup, Melanggar akan Disegel

Organisasi Kesehatan Dunia adalah yang terakhir mengubah posisinya, melakukannya pada 7 Juli.

“Saya merasa debat menjadi lebih politis daripada ilmiah,” kata Santarpia.

“Saya pikir sebagian besar ilmuwan yang bekerja meneliti penyakit menular setuju bahwa ada kemungkinan penyebaran lewat udara, meskipun kita mungkin berdebat tentang seberapa besar.”

Linsey Marr, seorang profesor di Virginia Tech yang merupakan pakar terkemuka dalam penularan virus melalui udara dan tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan jarang mendapatkan pengukuran jumlah virus yang ada di udara. “Berdasarkan apa yang kita ketahui tentang penyakit lain dan apa yang kita ketahui sejauh ini tentang SARS-CoV-2, saya pikir kita dapat berasumsi bahwa jika virus itu ‘menular lewat udara,’ maka kita dapat terinfeksi dengan menghirupnya,” katanya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *