Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati. (BP/dok)

JAKARTA, BALIPOST.com – Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei yang sudah dilakukan lembaga itu terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja para menteri di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Dalam keterangan tertulisnya, Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif’an, dikutip dari tempo.co, mengatakan ada 5 menteri yang memuaskan masyarakat terkait kinerja.

Survei dilakukan pada 9-12 Juni 2020, dengan melibatkan 1.000 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan dengan cara telesurvei, atau mewawancara responden melalui kontak telepon. Margin of error survei ini +/- 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Serta mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri Jokowi-Ma’ruf Amin.

Hasilnya, Menhan Prabowo Subianto berada pada peringkat atas dengan total 43,7 persen masyarakat merasa puas, 39 persen tidak puas, dan 17 persen tidak tau atau tidak jawab.

Disusul Menteri Luar Negeri, Retno Masurdi dengan persentase yang puas mencapai 38,0 persen. Peringkat ketiga adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam), Mahfud MD sebesar 37,9 persen.

Posisi keempat adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan tingkat kepuasan 37,8 persen. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gusti Ayu Bintang Darmavati atau Bintang Puspayoga meraih 37,0 persen.

Untuk, menteri dengan peringkat tidak memuaskan, diraih Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebesar 23,3 persen. Kemudian, Menteri Agama Fachrul Razi 23,8 persen, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan 26,1 persen. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly 27,1 persen dan Menteri Kesehatan dokter Terawan 27,5 persen. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.