I wayan Sadra. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar kini telah merubah status SMP Sila Chandra Batubulan, yang sebelumnya berstatus swasta, menjadi SMP Negeri 5 Sukawati. Perubahan status ini sudah didasarkan pada permendikbud yang diteruskan dengan SK Bupati Gianyar I Made Mahayastra.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra, SMP Sila Chandra Batubulan sudah dinegerikan mulai tahun ajaran baru 2020/2021. PPDB pada sekolah dengan nama SMP N 5 Sukawati ini pun sudah mulai dibuka, layaknya sekolah negeri lainya. “PPDB kali ini, di sana bisa menampung 5 sampai 6 kelas,” katanya.

Baca juga:  Tertangkap OTT, Kabid Perijinan Gianyar Hanya Divonis Setahun

Dikatakan awal pemindahan ini bermula dari pihak sekolah swasta ini mengajukan proposal ke Disdik Gianyar. Dalam hal ini meminta bantuan agar SMP Sila Chandra Batubulan bisa dinegerikan. “Swasta ini mengajukan proposal ke kita, isinya meminta bantuan pemerintah agar dinegerikan, tentu kita coba cek lapangan kita ajak pertemuan dan kita jelaskan seluruh aset yg dimiliki yayasan akan tercatat di Pemda, jadi dari sebelumnya milik yayasan,” katanya.

Dikatakan dalam perpindahan ini, aset milik SMP Sila Chandra Batubulan dihibahkan ke Pemda Gianyar, sebagai hak guna pakai. Ditegaskan dalam hal ini Pemda Gianyar tidak berarti memiliki sepenuhnya. “Jadi menghibahkan ke kita sebagai hak guna pakai, pindah status jadi bukan berarti memiliki, hanya penghibahan saja merubah status dari swasta ke negeri,” katanya.

Baca juga:  Warga Diminta Ikut Kelola Sampah Rumah Tangga

Terkait tenaga pendidik sebelumnya yang mengajar di SMP Sila Chandra Batubulan itu, masih menunggu kebijakan Bupati Gianyar. “Kita akan memohon petunjuk bupati terkait guru disana, misal karena kekurangan PNS, apakah mereka diangkat sebagai GTT, kita menunggu kebijakan bapak bupati,” katanya.

Dengan perubahan status dari swasta ke negeri ini. Kini di Kecamatan Sukawati terdapat 5 sekolah negeri.

Belum genap tiga tahun, SMP Negeri 4 juga berdiri di Desa Ketewel. Ditambah pula SMP 1 Sukawati beralamat di Desa Sukawati, SMP 2 Sukawati di Singapadu, SMP 3 Sukawati di Desa Batuyang, SMP 4 Sukawati di Ketewel, Dan terakhir SMP 5 Sukawati di Batubulan. “Kecamatan Sukawati dan Gianyar menjadi kecamatan yang siswanya paling padat,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.