Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA di Karangasem I Wayan Sugiana. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Provinsi Bali membuka dua sekolah baru di Kabupaten Karangasem, yakni SMA Negeri 1 Abang dan SMK Negeri 2 Kubu. Penambahan dua sekolah ini untuk menampung siswa baru tahun ajaran 2020/2021.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA di Karangasem I Wayan Sugiana, Senin (15/6), mengungkapkan, pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dilakukan. Penerimaan calon siswa SMA Negeri 1 Abang ditangani oleh SMKN 1 Abang.

“Di sana membuka dua jalur pendaftaran siswa untuk SMA dan SMK. Jadi, bagi siswa yang mau daftar ke SMA baru (SMAN 1 Abang-red), bisa lewat operator SMK. Pendaftaran dilakukan secara daring atau online,” ucapnya.

Sugiana menjelaskan, SMAN 1 Abang membuka empat rombongan belajar (rombel) pada angkatan pertama. Satu rombel daya tampungnya maksimal 36 siswa. Hanya saja, kendati telah membuka pendaftaran untuk siswa baru, namun hingga kini perangkat sekolah belum ditetapkan, termasuk gedung belajar juga belum dibangun.

“Masalah siswa baru belajar di mana nantinya, itu semuanya kita serahkan kepada Disdikpora Provinsi Bali. Apakah nanti akan digabung di sekolah lain atau bagaimana, semua keputusan ada di Provinsi Bali. Kita masih menunggu informasinya lebih lanjut,” kata pria yang juga Kepala SMAN 1 Amlapura ini.

Dia menjelaskan, PPDB SMA/SMK terdiri dari tiga tahap. Yakni, pendaftaran pada tahap pertama yakni jalur afirmasi (kurang mampu), prestasi, dan perpindahan tugas orangtua yang dibuka 15-17 Juni. Tahap kedua, jalur zonasi pada 22-24 Juni dan tahap ketiga berupa penilaian rapor pada 29-30 Juni.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Karangasem I Wayan Artana menjelaskan, untuk SMKN 2 Kubu berlokasi di Tulamben. Saat ini, gedung sekolah sedang dikerjakan. “Pendaftaran siswa baru ditangani oleh SMKN 1 Kubu. Tapi, PPDB belum bisa dilakukan di sekolah seperti di Abang. Termasuk, jumlah rombel yang dibuka di SMK Negeri 2 Kubu belum tahu berapa,” katanya. (Eka Prananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.