SURABAYA, BALIPOST.com – Tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menemukan lima kombinasi obat COVID-19. Kelima jenis obat direkomendasikan Unair tersebut terjamin keamanannya karena sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Lima obat ini langsung bisa digunakan karena telah tersedia di pasaran. Menurut Rektor Unair, Prof. Mohammad Nasih, kelima regimen kombinasi obat tersebut adalah Loprinavir – Ritonavir dengan Azitromisin, Loprinavir-Ritonavir dengan Doxixiclin, Loprinavir-Ritonavir dengan Klaritomisin, Hidroksiklorokuin dengan Azitromisin, dan Hidroksiklorokuin dengan Doksisiklin.

Menurut Prof Nasih, penggunaan lima kombinasi obat tersebut terjamin keamanannya. Selain itu, kombinasi ini bisa digunakan dengan cepat karena obat sudah ada di pasaran dan telah lulus uji klinis.

Tak hanya itu, Nasih mengatakan kelima obat ini telah terdaftar di BPOM sehingga aman. Sebelumnya, penemuan ini telah diteliti dengan metode ilmiah dan hati-hati.

Prof Nasih melanjutkan, karena kelima kombinasi obat ini bisa didapatkan di pasaran, ia berharap obat ini dapat digunakan dalam merawat pasien COVID-19 secepatnya. Namun, untuk dosis dari lima regimen kombinasi obat belum bisa dipaparkan karena masih menunggu rekomendasi dari tim peneliti. (Irwanda Ikadisa/Surabaya TV)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.