Suasana penjurian lomba pidato memperingati Bulan Bung Karno. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Serangkaian peringatan Bulan Bung Karno, DPC PDI-P Tabanan menggelar beragam kegiatan. Salah satu kegiatan adalah lomba pidato virtual “Gotong-royong berskala besar untuk penanganan COVID-19 berbasis kearifan lokal Bali” untuk SMP dan SMA/SMK.

Sebanyak 30 video pidato yang telah dikirimkan ke panitia dinilai, Senin (15/6). Sebagai juri, perwakilan DPD PDIP, I G.N. Alit Kesuma Kelakan, sastrawan asal Tabanan I Gede Arum Gunawan, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan kabupaten Tabanan I Wayan Sumertadana.

Penilaian disaksikan langsung oleh Ketua DPC PDIP Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya bersama sejumlah jajaran pengurus DPC. Sanjaya mengatakan, salah satu nilai Pancasila yang harus terus dilestarikan dan diimplementasikan di masa pandemi adalah gotong royong yang sejak dulu diajarkan oleh Bung Karno. “Dalam peringatan Bulan Bung Karno tahun ini tentunya mengambil tema yang bertalian dengan COVID-19, yaitu Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi COVID-19,” terangnya.

Sementara itu, Alit Kelakan mengatakan, lomba menyasar para pelajar atau kaum milenial. Harapannya, akan tumbuh nilai semangat patriotisme Bung Karno sejak dini. “Paling tidak dengan kegiatan semacam ini akan ada pemahaman sejarah sejak dini,” ucapnya.

Untuk juara 1, 2 dan 3 tingkat SMP yakni Ni Luh Ari Purnama Yanti dari SMPN 2 Tabanan, Ni Putu Kartika Stithpradnya dari SMPN 1 Tabanan dan Ni Made Ayu Suri Wahyu Wati dari SMPN 1 Kediri. Sedangkan, jenjang SMA peraih juara 1, 2 dan 3 yakni Made Pandu Deva Kusuma Wardana dari SMAN 1 Tabanan, Ni Komang Wiranti Primadani dari SMAN 1 Kediri dan I Kadek Pande Ery Adi Kusuma dari SMAN 1 Tabanan. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.