Dewa Gede Rai. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kasus transmisi lokal penularan COVID-19 di Denpasar dalam empat hari belakangan ini terus terjadi. Kali ini terjadi penambahan dua orang positif.

Masing-masing merupakan pegawai salah satu BUMN di Denpasar yang berdomisili di Desa Dangin Puri Klod, dan satu lagi merupakan dokter yang bertugas di salah satu rumah sakit swasta di Denpasar yang berdomisili di Desa Padangsambian Kelod.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat konfirmasi, Jumat (22/5) membenarkan informasi adanya penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak dua orang. Kasus ini dilihat dari penularannya merupakan kasus transmisi lokal.

Baca juga:  Modus Ikut Mengemas Barang, Cincin Emas Mahasiswi Asal Malaysia Dimasukan ke Saku Celana  

“Benar, baru saja kami mendapatkan laporan dari tim surveilence bahwa ada penambahan kasus positif COVID-19 warga yang berdomisili di Desa Dangin Puri Klod dan Desa Padangsambian Kelod. Jumlah OTG ikut bertambah 6 orang per hari ini,” terangnya.

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai tetap mengingatkan bahwa kasus Covid-19 di Kota Denpasar menunjukan trend meningkat selama empat hari terakhir. Selain kasus positif, keberadan Orang Tanpa Gejala (OTG) hasil tracking Tim Gugus Tugas Covid-19 bersama desa/lurah masih menjadi ancaman penularan baru.

Baca juga:  Rumah Dilalap Api, Motor Hingga Anjing Terbakar

Untuk itu perlu tetap meningkatkan kewaspadaan. Hal inilah juga yang mendasari penerapan Perwali PKM di Kota Denpasar.

Dengan masih adanya orang yang berstatus OTG, ODP dan PDP masyarakat harus lebih waspada dan mengikuti arahan pemerintah serta protokol kesehatan. “Dengan diterapkan Perwali PKM ini, mudah-mudahan dapat menekan peningkatan COVID-19 di Denpasar,” kata Dewa Rai.

Lebih lanjut dijelaskan Dewa Rai, angka kasus akumulatif COVID-19 di Kota Denpasar sebanyak 75 kasus positif. Rinciannya adalah 54 sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 19 orang masih dalam perawatan.

Baca juga:  Pemda Se-Bali Sepakat Memproses Insentif Fiskal untuk Spa

Sampai saat ini hasil tracing tim gugus tugas di Kota Denpasar secara akumulatif terdapat status Orang Tanpa Gejala (OTG) 441 kasus, namun 124 dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri, sehingga tersisa 317 OTG. Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara akumulatif tercatat 303 kasus, namun sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 241, sehingga masih tersisa 62 ODP.

Dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara akumulatif sebanyak 55 kasus, namun 21 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani Swab Test, sehingga tersisa 34 staus PDP. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *