Suasana kebun raya "Eka Karya." (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Menyusul sejumlah destinasi wisata yang sudah lebih dulu menutup sementara operasionalnya, Kebun Raya Eka Karya di Tabanan juga melakukan penutupan pada Kamis (19/3). Penutupan kebun raya yang dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini akan dilakukan hingga Selasa (31/3).

Selain Kebun Raya Eka Karya, LIPI juga menutup Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, dan Kebun Raya Purwodadi.

Baca juga:  Pembayaran BPJS-JKN Telat, Operasional BRSU Tabanan Terganggu

Dikonfirmasi terkait penutupan ini, Manager Operasional Kebun Raya Eka Karya Bali, Teguh Dwiyanto membenarkan. Ia mengatakan penutupan sementara guna mendukung program pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Ia mengutarakan sempat ada beberapa pengunjung yang datang, tetapi sudah disiapkan petugas di depan pintu masuk dan di gerbang sudah diumumkan terkait penutupan sementara. “Selama penutupan kawasan, dibuatkan jadwal piket, baik dari ASN LIPI dan petugas kebersihan dan keamanan. Tiap pagi dilakukan penyemprotan disinfektan mulai dari areal gedung perkantoran, gate masuk, loket tiket dan loket pengunjung. Selain itu tetap melakukan pembersihan untuk perawatan Kebun Raya Bali, baik rumput dan daun kering. Dan dari petugas keamanan tetap menginformasikan pada pengunjung yang datang,” ujarnya.

Baca juga:  Pasar Amlapura Barat Rampung, Pedagang Tunggu Jadwal Pemindahan

Berikut petugas dan karyawan tetap dicek kondisi tubuh sesuai dengan SOP pencegahan penyebaran virus. Normal kunjungan ke Kebun Raya Bali antara 500-600 pengunjung per hari, dan saat weekend 1.000-1.500 pengunjung, dengan perbandingan 80 persen domestik dan 20 persen asing. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN