Sekda Badung, Adi Arnawa. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dalam upaya pencegahan penularan Virus Corona, Pemkab. Badung membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Badung. Demikian terungkap saat rapat koordinasi yang dipimpin Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Rabu (18/3) di Puspem Badung.

Sekda Adi Arnawa menjelaskan bahwa Bupati Badung telah mengeluarkan Keputusan Bupati Badung Nomor 104/056/HK/2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan Corona Virus Desease di Kabupaten Badung. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kewaspadaan dan upaya pencegahan penularan Covid-19, sehingga diperlukan tim terpadu yang bekerja sinergis.

Baca juga:  Merusak Estetika, LPM Legian Segel Delapan Pedagang Valas

Tim terpadu terdiri dari 5 (lima) Satgas yaitu Satgas Kesehatan yang dikoordinir Kadis Kesehatan, Satgas Area dan Transportasi Publik sebagai Koordinator Kadis Perhubungan, Satgas Area Institusi Pendidikan koordinatornya Kadisdikpora, Satgas Komunikasi Publik dikoordinir oleh Kadiskominfo dan Satgas Pintu Masuk Kabupaten Badung dengan Koordinator Kadis Kesbangpol.

“Masing-masing Satgas telah dilengkapi protokol penanganan Covid-19, ” jelasnya.

Ia mengatakan masing-masing satgas mempunyai tugas terpadu untuk menyelenggarakan kewaspadaan dan penanggulangan Covid-19 secara menyeluruh sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan, dan akan memberikan laporan perkembangan nya setiap hari kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Baca juga:  Senam S3 Bersama Andrie Wongso akan Digelar di SGV

Dijelaskan lebih lanjut bahwa segala biaya yang ditimbulkan dalam menanggulangi wabah Covid-19 di Kabupaten Badung sepenuhnya menggunakan dana APBD. “Pembentukan satgas ini sebagai wujud perhatian pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19, tapi yang lebih penting adalah bagimana masyarakat agar senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui makan dengan gizi seimbang, rajin berolahraga dan istirahat cukup, cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam. Mari kita bergerak bersama memerangi Virus Corona,” jelas Adi Arnawa. (Adv/balipost)

Baca juga:  Komposisi Pasien Sembuh COVID-19 di Bali Capai 75 Persen, Kabupaten Ini Terbanyak Kasus Aktifnya
BAGIKAN