Pengelola menutup objek wisata Air Terjun Sekumpul guna mengantisipasi penyebaranvirus Corona. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALI POST.com – Objek Wisata Air Terjun Sekumpul di Kecamatan Sawan, ditutup bagi wisatawan. Ini menyusul penyebaran wabah virus Corona (COVID-19). Pentutupan ini dipastikan membuat kehilangan penghasilan para pemandu wisata dan pendapatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang mengelola objek wisata itu.

Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta, Rabu (18/3), mengatakan, sebelum penutupan, pihaknya menggelar rapat dengan pengelola, para pemandu wisata dan tokoh masyarakat. Dari rapat itu diputuskan untuk menutup kunjungan wisatawan terhitung hari ini sampai 1 April 2020. “Setelah kami rapat dan disepakati untuk menutup kunjungan untuk sementara, dan ini sesuai instruksi pemerintah kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat,” katanya.

Baca juga:  Air Terjun Nungnung

Menurut Suarta, selama penutupan dipastikan pihak pengelola dan para pemandu wisata kehilangan penghasilan. Ini tidak lepas karena kunjungan wisatawan ke objek wisata itu terbilang ramai.

Setiap hari rata-rata puluhan orang wisatawan berkunjung menikmati keindahan alam di kawasan air terjun itu. Selama penutupan ini, para pemandu wisata ini dipersilahkan mencsri pekerjaan sampingan, sehingga tidak berdampak pada kesejahteraan keluarga mereka.

“Sudah pasti kehilangan penghasilan, namun dalam rapat kami sampaikan kebijakan ini untuk keselamatan kita bersama di tengah penyebaran wabah Covid-19,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN