Tim melakukan evakuasi. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kakek 80 tahun bernama Ramuk, terjatuh ke dalam sumur di Banjar Batanbuah, Abiansemal, Kabupaten Badung, Minggu (1/3). Setelah dilakukan evakuasi, Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan Ramuk dalam kondisi meninggal dunia.

Menurut informasi, Ramuk selama ini kerap linglung.
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada, S.E., M.AP., mengatakan, Basarnas Bali menerima laporan pada pukul 23.55 Wita dari BPBD Badung. Setelah menerima laporan, pihaknya segera menindaklanjuti dan memberangkatkan 7 orang rescuer ke lokasi kejadian.

Baca juga:  Tiga Bulan, Segini Jumlah Sampah Kiriman Dibersihkan di Kawasan Samigita

Sesampainya di lokasi, mereka langsung berkoordinasi dengan warga dan instansi setempat guna mengecek kondisi sumur. Langkah tersebut guna mengetahui risiko-risiko adanya gas beracun yang berbahaya ataupun tingkat kandungan oksigen di kedalaman sumur.

Satu orang personel diturunkan ke dalam sumur menggunakan peralatan SCBA, sementara seorang lainnya mengawasi dari atas. Dikatakannya, pada penanganan kejadian di kedalaman tertentu, tim dilengkapi dengan peralatan mountaineering, 2 set SCBA dan alat pelindung diri lengkap. “Satu orang diturunkan dan harus ada yang mengawasi dari atas, untuk safety dan sekaligus memberikan komando pergerakan tim lainnya, begitu gambaran sistem kerjanya,” ungkapnya.

Baca juga:  Cedera Kaki, Pengunjung Pantai Nunggalan Dievakuasi

Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi korban pada Senin (2/3) pukul 01.35 Wita dalam kondisi tewas. Selanjutnya jenazah Ramuk dibawa ke rumah duka.

Selain Basarnas Bali, unsur SAR lainnya yang terlibat di antaranya Polsek Abiansemal, BPBD Badung, Damkar Badung, Bhabinkamtibmas serta masyarakat setempat dan keluarga korban. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN