Peserta DigiRace di Manado sedang mengerjakan tantangan yang diberikan. (BP/Istimewa)

MANADO, BALIPOST.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar kompetisi digital DigiRace 2020” di Manado, Sulawesi Utara. Kompetisi tahunan ini sekaligus menjadi ajang untuk membuktikan jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan data di ibukota Provinsi Sulawesi Utara.

Peserta kompetisi merupakan para penggiat media sosial di Sulawesi Utara. Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan. Salah satunya melalui proses fiberisasi yang saat ini masih terus dilaksanakan di berbagai wilayah Sulawesi Utara, terutama Kota Manado.

Bambang menjelaskan, secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber.  Termasuk dalam proses ini adalah melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Head of Sales Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, Andi Ikhsan mengatakan, fiberisasi yang terus berlangsung telah terbukti mampu meningkatkan kualitas layanan data 4G XL Axiata. Melalui program “DigiRace” ini XL Axiata berharap bisa menunjukkan secara langsung kepada masyarakat peningkatan kualitas jaringan data hasil dari fiberisasi dengan lebih stabil.

Tantangan yang harus diselesaikan oleh peserta terdiri atas kuis dengan sejumlah pertanyaan melalui video streaming di aplikasi Youtube. Selain itu ada juga gim yang memanfaatkan platform media sosial lainnya seperti Spotify, Instagram, dan Netflix. (kmb/balipost)

BAGIKAN