Suasana pelantikan PPK Tabanan. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Setelah mengikuti berbagai tahapan tes, akhirnya 50 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Tabanan 2020 dilantik, Kamis (27/2) di kantor KPU setempat. Menariknya, banyak wajah baru (newcomer) pada jajaran anggota PPK khusus di Kecamatan Penebel.

Upacara pengambilan sumpah anggota PPK dilakukan langsung Ketua KPU Tabanan I Putu Gede Weda Subawa. Usai melantik, Ketua KPU Tabanan Putu Gede Weda Subawa mengatakan dari 50 orang PPK yang dilantik, 37 laki-laki dan 13 perempuan.

Weda juga membenarkan jika PPK yang dilantik kali ini lebih banyak wajah lama (incumbent) atau sekitar 44 persen pendatang baru dan 56 persen incumbent. Bahkan di Kecamatan Penebel didominasi newcomer. “Sebelumnya di Kecamatan Penebel yang incumbent ada yang daftar namun tidak lolos,” jelasnya.

Bagi para PPK yang telah dilantik, Weda pun menekankan agar senantiasa mengedepankan integritas dan independensi. Ini berbekal pengalaman pada Pemilu sebelumnya yang sempat terjadi proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tingkat KPPS meski bukan di tingkat PPK.

Weda meminta agar tidak terjadi hal serupa. “Jadi kami minta PPK bekerja dengan baik, jika melanggar akan dikenakan sanksi. Yang terberat bisa saja diberhentikan secara tidak hormat dan selamanya tidak bisa menjadi penyelenggara,” tegasnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN