Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana melantik Direktur Utama PD Swatantra I Gede Bobi Suryanto Senin (24/2). (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Setelah melalui seleksi ketat, I Gede Bobi Suryanto pada Senin (24/2), dilantik sebagai Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Swatantra. Sebagai Dirut baru, Bobi Suryanto diminta oleh Bupati Putu Agus Suradnyana untuk menyusun konsep perencanaan bisnis (business plan) untuk menggerakkan dua sektor di Buleleng.

Bupati Agus Suradnyana mengatakan, PD Swatantra harus mulai melakukan inovasi dengan menggerakkan sektor pertanian dan perdagangan. Tidak hanya bergerak di jasa penyewaan mobil saja, tetapi, perusahaan tersebut dapat melakukan inovasi dengan memberdayakan sektor UKM dan mempertahankan kearifan lokal.

Dengan inovasi yang cemerlang dan mengikuti perkembangan teknologi canggih sekarang ini, pihkanya optimis perusahaan akan berkembang dan mampu menyumbangkan keuntungan sebagai pundi-pundi pendapatan daerah. “’Dalam setahun ini saya tugaskan direktur baru menunjukkan kemampuan, lihat kelompok UKM mana yang bisa diberdayakan. Jalin kerja sama dengan Dinas Pertanian untuk suplai bahan bakunya. Pasarnya harus jelas ke mana. Kemasannya juga harus dibantu. PD Swatantra harus jadi leader. Buat quality control yang baik. Saya kasih waktu satu tahun karena membangun bisnis butuh waktu yang lama,’’ katanya.

Sementara itu, Dirut PD Swatantra I Gede Bobi Suryanto mengaku siap untuk menjalankan instruksi pemilik perusahaan. Pejabat asal Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, Buleleng itu menyebut akan mengembangkan perusahaan dengan fokus pada menyerap hasil produksi pertanian dan pemasarannya.

Salah satu upaya jangka pendek adalah melakukan manajemen ulang untuk pengelolaan lahan perkebunan dengan komoditas kopi dan cengkeh. Dia yakin kalau menejemen sudah mapan, produksi akan terkelola dengan baik, terutama mendapat pasar yang wajar, sehingga memberikan keuntungan untuk perusahaan itu sendiri. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN