Serangkaian HUT PDIP akan digelar Festival Kuliner Bali 2020. (BP/rin)

DENPASAR, BALIPOST.com – Perayaan HUT Ke-47 PDI Perjuangan (PDIP) salah satunya akan dimeriahkan dengan Festival Kuliner Bali (FKB) 2020. Acara yang dikoordinir oleh DPD PDIP Bali ini melibatkan Perempuan Sarinah kabupaten/kota, Asosiasi Kuliner (ICA BALI), GIPI, PHRI, IHGMA, dan IFBEC.

Utamanya bertujuan untuk melestarikan Mutiara Kuliner Khas Nusantara warisan Proklamator RI, Ir. Soekarno. Khususnya kuliner tradisional Bali untuk mengembangkan inovasi pengolahan pangan sesuai dengan kearifan lokal Jana Kerti.

“Festival kuliner Bali merupakan kearifan lokal Bali sebagai implementasi dari Tri Sakti Bung Karno berkepribadian di bidang kebudayaan dan di bidang pangan, dengan kekayaan kuliner Bali di 9 kabupaten/kita, ” ujar Koordinator Umum HUT Ke-47 PDIP di Provinsi Bali, Dewa Made Mahayadnya saat memberikan keterangan pers di Kantor DPD PDIP Bali, Jumat (21/2).

Baca juga:  Pernik Sepakbola Hiasi TPS di Baler Bale Agung

Melalui festival ini, lanjut Mahayadnya, masyarakat diharapkan lebih mengenal berbagai macam kuliner Bali yang sekaligus memberikan peningkatan pendapatan masyarakat Bali di bidang kuliner. Selain festival kuliner Bali, HUT Ke-47 PDIP juga akan diisi dengan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS, bakti sosial, gerakan Bali resik sampah dan penghijauan, serta lomba pembuatan meme budaya hidup bersih dan Bali resik sampah, lomba pembuatan meme pelindungan aksara dan bahasa Bali. “Ini sesuai hasil Rakernas I PDI Perjuangan di Jakarta, 10-12 Januari 2020,” tandasnya.

Baca juga:  Pemerintah Harus Lakukan Law Enforcement Dalam Tata Pasar Tiongkok

Koordinator Festival Kuliner Bali (FKB) 2020 I Made Ramia Adnyana mengatakan, acara ini membuka kesempatan bagi masyarakat umum baik Desa Adat, Sekaa Teruna Teruni, Komunitas Kuliner, Hotel dan Restaurant serta Ibu – Ibu PKK untuk berpartisipasi dan berkompetisi memasak serta menyajikan masakan terbaik dari daerah masing-masing. Pihaknya menargetkan minimal 100 orang peserta (5 orang team memasak dan 2 orang pramusaji dalam 1 kelompok) atau 15 stand kuliner di setiap Kabupaten/Kota.

Baca juga:  Pulihkan Pariwisata Nasional, Ini Kata Wishnutama

Targetnya akan dikunjungi minimal 1.000 pengunjung di setiap Kabupaten/Kota se Bali. FKB 2020 akan dibuka oleh masing-masing Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota se Bali, pada Minggu (23/2). (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN