Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi perhatian publik. Untuk itu Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali, sebagai lembaga pengawasan layanan publik akan fokus pada proses rekrutmen yang sedang berjalan.

Saat ini proses rekrutmen sedang menunggu jadwal ujian, setelah beberapa waktu lalu dilakukan masa sanggah. Dalam masa sanggah, ORI Perwakilan Bali mendapatkan satu pengaduan dari masyarakat karena tidak diluluskan dalam proses administrasi.

Baca juga:  Bali Buka Data Pasien Bertatus Pengawasan Corona, Ini Jumlahnya

Setelah dimediasi, antara pelamar dan panitia, ternyata ada miskomunikasi dan akhirnya sudah bisa diselesaikan. “Dan pelamar tersebut dinyatakan lolos,” kata Ketua ORI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab, beberapa lalu.

Saat ini pola rekrutmen CPNS dilakukan dengan online. Sehingga semua dokumen perlu di update sehingga tidak sembarangan. Pengawasannya pun lebih mudah.

Terkait pengawasan rekrutmen saat ini, lebih memfokuskan pada sistem ujian elektronik. Dengan melewati tes CAT, diharapkan lagi panitia seleksi tidak lagi mengadakan tes wawancara. Karena ini akan memberikan peluang subjektifitas atau kong kali Kong.

Baca juga:  Telkomsel - Cellular World Serahkan Apresiasi "J4GO", Ini Pemenangnya

Dengan tes wawancara ini bisa berpeluang untuk menggugurkan orang lain. “Tes CAT ini sudah konfrehensip dan peringkat kelulusannya jelas. Saya rasa tidak perlu lagi tes wawancara yang berpeluang subjektivitas,” katanya. (Agung Dharmada/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.