BANGLI, BALIPOST.com – Kebakaran melanda Pura Puseh, Desa Bantang, Kintamani, Minggu (12/1) pagi. Kejadian tersebut menyebabkan dua unit bangunan yang ada di pura itu hangus.

Bahkan satu pelinggih diantaranya yang menyimpan sejumlah arca kuno kondisinya hancur rata dengan tanah. Diduga kebakaran tersebut dipicu percikan api dupa.

Perbekel Desa Bantang I Gede Sukajaya mengatakan kebakaran di Pura Puseh, diketahui warga terjadi sekitar pukul 06.00 Wita. Ada dua unit bangunan yang terbakar dalam kejadian itu yakni bale pemaruman dan pelinggih bale saka nem yang berisi sekitar sepuluh arca kuno.

Baca juga:  Begini Aktivitas Penyeberangan di Danau Batur

“Yang bale saka nem sudah (terbakar) habis. Rata dengan tanah. Yang satunya lagi masih bisa diselamatkan,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Mengenai penyebab kebakaran, diduga dipicu akibat adanya percikan api dupa. Diungkapkannya, sehari sebelum musibah kebakaran terjadi, seka teruna teruni (STT) Desa Bantang sempat melaksanakan gotong royong di pura tersebut.

Setelah itu dilanjutkan dengan persembahyangan bersama. “Mungkin sesajennya itu kan ada dupanya, tidak dimatikan. Karena anginnya besar, sehingga terjadi kebakaran,” ungkapnya. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Purnama Sasih Kapat, Puncak Pujawali di Pura Tuluk Biyu Batur Digelar
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *