Beberapa personil polisi saat menanam bibit pohon dipesisir pantai bersama kalangan pelajar. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Gerakan penghijauan dengan menanam ribuan pohon dipusatkan di Pantai Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Jumat (10/1) pagi. Sedikitnya 1.218 bibit pohon berbagai jenis ditanam di sekitar pantai dengan melibatkan jajaran kepolisian, TNI, Pemkab Klungkung, pelajar dan masyarakat setempat serta unit usaha sekitar.

Ini sebagai upaya pelestarian lingkungan guna mencegah terjadinya bencana alam. Wakapolres Klungkung Kompol Ida Bagus Dedi Januartha mengatakan, Pantai Lepang dikenal dengan ombaknya yang ganas. Bencana alam telah merusak lingkungan sekitar sehingga diperlukan langkah konstruktif untuk memperbaiki lingkungan.

Baca juga:  Wisatawan makin Ramai, Keamanan Lembongan Mesti Dijaga

Pohon yang ditanam berbagai macam seperti ketapang, mahoni, cempaka dan sawo kecik. Wakapolres menegaskan, ini sebagai tindak lanjut dari instruksi Kapolri tentang aksi menanam pohon secara serentak untuk mencegah bencana alam dan sebagai upaya pelestarian lingkungan demi generasi mendatang.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati Made Kasta mengingatkan agar gerakan ini tidak sporadis. Artinya, setelah menanam selanjutnya harus diikuti dengan upaya merawatnya dan upaya serupa dilakukan di tempat lain. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.