Terlihat anggota TRC BPBD Gianyar saat melakukan evakuasi pohon tumbang di areal Pura Samuan Tiga, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Senin (6/1). (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pohon gentawas dengan tinggi 15 meter dan diameter 80 cm di areal Pura Samuan Tiga, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, tumbang pada Senin (6/1) dinihari. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Namun sejumlah bangunan suci di pura tersebut mengalami kerusakan. Kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Batang pohon berusia puluhan tahun tersebut menimpa sejumlah bangunan seperti bale pesampian, bale dana punia, panyengker, piasan dan sejumlah palinggih. Kepala BPBD Gianyar A.A. Oka Digjaya mengungkapkan, penyebab tumbangnya pohon diduga akar yang sudah lapuk. “Pascamenerima laporan kami langsung menerjunkan TRC untuk melakukan pembersihan sekitar pukul 08.00 Wita,” ujarnya.

Baca juga:  Kerap Dikeluhkan Warga, 3 Kantor di Gianyar Ini Didatangi Tim Pusat

Pemangku Pura Samuan Tiga, Gusti Mangku Ageng menuturkan, pohon tersebut tumbang setelah diterjang hujan dan angin kencang pada Minggu (5/1). Terkait kerusakan pura, pihaknya akan segera melakukan perbaikan, sebelum piodalan di pura ini dilangsungkan. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.