Terminal Mengwi. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Wisatawan masih menjadikan Pulau Bali sebagai pilihan utama untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini terlihat dari lonjakan penumpang di Terminal Tipe A Mengwi, Badung, Rabu (1/1).

Berdasarkan data, lonjakan penumpang mencapai 50 persen dibandingkan perayaan tahun sebelumnya. “Hingga H-1 tahun baru saja penumpang mencapai 4.825 orang, sedangkan pada tahun sebelumnya hanya 2.336 orang,” papar Kepala Terminal A Mengwi Cok. Agung Suarmaya.

Baca juga:  Proyek Underpass Bundaran Patung I Gusti Ngurah Rai, Ini Rute Pengalihan Arusnya

Menurutnya, setidaknya 164 armada yang bergerak baik datang maupun berangkat. Usai perayaan tahun baru, penumpang dan armada diprediksi mengalami penurunan. Meski demikian, akan tetap dilakukan pemantauan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pihaknya awalnya tidak membayangkan lonjakan mencapai 50 persen, karena kebanyakan wisatawan domestik yang datang membawa kendaraan pribadi. Lonjakan penumpang ini tak seperti tahun sebelumnya. Padahal banyak kendaraan luar Bali yang masuk ke Bali, tapi nyatanya terminal Mengwi juga banyak penumpangnya.

Baca juga:  Tersetrum, Buruh Tewas di TKP

Biasanya dalam sehari armada yang berangkat mencapai 40 hingga 50 dengan total penumpang rata-rata 32 orang di masing-masing armada. Oleh karena itu, penumpang di Terminal Mengwi Tipe A dalam sehari mencapai 1.440 orang.

Guna memecahkan kemacetan yang terjadi akibat lonjakan kunjungan wisatawan domestik ke Bali, khususnya Badung saat perayaan tahun baru, sejumlah arus lalu lintas di Kabupaten Badung direkayasa. Tak hanya di kawasan pariwisata Kuta, pengalihan arus lalin juga diberlakukan di Mengwi. Rekayasa arus lalin diberlakukan mulai Senin (30/12) hingga Kamis (2/1). (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.