Kini program Bali diapresiasi banyak pihak. Setidaknya judul foto yang mengatakan kini visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali dibahas di tingkat nasional bahkan di kampus Universitas Indonesia.

Saya pribadi sebagai krama Bali sangat mengapresiasi. Mudah-mudahan saja gerakan menjaga alam Bali memang bangkit dan tumbuh di negeri ini.

Namun ada banyak hal yang kiranya perlu dilakukan dengan keteladan dalam menjaga keseimbangan alam untuk keharmonisan kehidupan. Salah satunya mungkin hal yang sederhana, yakni gerakan menanam pohon.

Baca juga:  Koperasi sebagai Penyalur KUR

Belakangan ini gerakan penghijauan mulai jarang saya dengar. Padahal gerakan ini sangat positif menjaga kualitas udara dan menjaga kawasan resapan air. Tak hanya itu, saya rasa dengan maraknya alih fungsi lahan belakangan ini mestinya budaya menanam pohon dibangkitkan lagi.

Saya berharap Dinas Pendidikan dan Lingkungan Hidup bersinergi dalam hal ini. Untuk membudayakan gerakan menanam ini mungkin bisa diimbau agar warga menanam satu pohon di sekitar rumahnya.

Baca juga:  Bebas Gepeng 2020?

Gerakan menanam satu pohon untuk setiap warga ini diharapkan bisa membuat sumber resapan air terjaga sehingga potensi krisis air bersih juga bisa ditekan. Kita perlu keteladanan dalam bertindak dan berbuat saat ini. Aksi nyata peduli lingkungan hendaknya lebih sering dilakukan.

I Wayan Arsana

Gianyar-Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.