Ilustrasi. (BP/dok)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Lahan kering di kawasan Pura Bukit Kursi, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, terbakar, Sabtu (21/9) lalu sekitar pukul 22.00 Wita. Beruntung upaya pemadaman cepat dilakukan, sehingga api tidak sampai merembet ke kawasan pura.

Kapolsek Gerokgak Kompol I Made Widana seizin Kapolres Buleleng, Minggu (22/9), mengatakan, saat kebakaran terjadi ada sejumlah pamedek yang melakukan persembahyangan di pura setempat. Tak pelak, mereka panik dan lari keluar, mengingat api kian membesar. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini. “Rumput dan semak liar itu mengering karena kemarau terbakar,” katanya.

Baca juga:  Oknum Mahasiswa Jadi Bandar Tembakau Gorilla

Upaya pemadaman dilakukan oleh warga sekitar dengan bantuan air dari pura yang dialirkan menggunakan mesin pompa. Meski api berhasil dipadamkan, personel polisi saat ini tetap ditugaskan untuk melakukan pemantauan. Sebab, angin yang bertiup kencang dikhawatirkan dapat memicu kebakaran susulan.

Terkait luas lahan yang terbakar belum diketahui dengan pasti. ”Kami masih melakukan penyelidikan untuk memastian penyebab terjadinya kebakaran. Anggota kami masih di pura untuk mengantisipasi kebakaran susulan,” jelas Widana. (Mudiarta/balipost)

Baca juga:  Saatnya Bali Lakukan Detoks "Candu" Pariwisata
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *