DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-62, Kodam IX/Udayana menggelar Gowes Road Bike 80 Km, Minggu (14/7). Peserta Gowes Road Bike yang mengambil start/finish di Makodam IX/Udayana ini diikuti club-club bikers se-Jawa Timur, Bali dan NTB.

Selain untuk memeriahkan HUT ke-62 Kodam IX/Udayana, kegiatan ini sebagai upaya untuk menggiatkan dan memasyarakatkan olahraga bersepeda. Dengan harapan mampu menjadi wahana silaturahmi, saling mengenal satu sama lain dan saling bertukar informasi, sehingga menumbuhkan keakraban dan kebersamaan.

“Olahraga bersepeda, apabila dijalankan dengan rutin maka akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya untuk mengendalikan berat badan, mengurangi resiko penyakit serta dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh termasuk mengurangi stres,” ujar Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., seusai melaksanakan kegiatan Gowes Road Bike.

Baca juga:  Kodam Gelar Dharma Santi Nyepi Saka 1941

Selaku Pangdam IX/Udayana dan secara pribadi, Benny Susianto mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada semua pihak. Pangdam IX/Udayana juga mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang tergabung dalam club-club bikers se-Jawa Timur, Bali dan NTB, seperti kelompok Bikers dari Kodam IX/Udayana yang dipimpin langsung olehnya, para Bikers dari NTB dengan pimpinan langsung Danrem 162/WB, Polpit (Polda Bali), Cang Gowes Terus (CGT), Rojali (Malang), Gasak, KPSD, WAFCC, XC Bukitoo, SUB Cycling, 46 Cyclist WDR dan Istaring.

“Perlu diketahui bahwa kegiatan Gowes Road Bike ini selain merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-62 Kodam IX/Udayana, juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya menggiatkan dan memasyarakatkan olahraga bersepeda. Di samping itu juga, kegiatan ini diharapkan sebagai wahana silaturahmi, saling mengenal satu sama lain, saling bertukar informasi sehingga menumbuhkan keakraban dan kebersamaan,” tegas Pangdam.

Baca juga:  Kodam Berkomitmen Bantu Sejahterakan Masyarakat

Sementara itu, Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G.,S.I.P., dalam konferensi persnya mengungkapkan bahwa kegiatan Gowes Road Bike ini menempuh rute sejauh 80 Km. Mengambil titik start di depan Makodam IX/Udayana pada pukul 06.30 Wita. Selanjutnya menuju Jalan Veteran dan Jalan By-pass Ida Bagus Mantra hingga sampai pada Pit stop-1 di Goa Gajah dengan jarak tempuh 25,3 Km.

Setelah istirahat beberapa saat, dari Pit stop-1 di tanjakan Goa Gajah menuju Pit stop-2 Istana Tampaksiring dengan jarak sejauh 14 Km, selanjutnya menuju Pit stop-3 di Bali Bird Park yang berjarak sekitar 30 Km dengan melintasi Jalan Raya Tegallalang sampai dengan Jalan Raya Singapadu. Kemudian dari Bali Bird Park menuju titik Finish di Makodam IX/Udayana yang ditempuh kurang lebih sejauh 10,7 Km melintasi Jalan Raya Batu Bulan, Jalan Nangka hingga Jalan Hasanudin. Para peserta finish pada pukul 11.10 Wita.

Baca juga:  Desa Adat Jadi Roh Utama Bali Lestarikan Nilai Budaya

Pada kesempatan tersebut, Kapendam menyampaikan bahwa selain pelaksanaan Road Bike, Kodam juga akan menggelar acara yang tidak kalah besar yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2019. Yaitu “Udayana Run 5K & 10K” dengan mengambil lokasi di area Kuta Beach, Kabupaten Badung.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan rangkaian peringatan HUT ke-62 Kodam IX/Udayana ini, para peserta dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu kategori untuk Umum, TNI, Polri dan Pelajar. Hadiah medali bagi 150 finisher pertama serta total hadiah sebesar Rp 200.000.000. (winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *