Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sudah bukan rahasia lagi jika inflasi mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kebutuhan hidup juga meningkat. Kalau tidak siap, nanti bisa mengalami finansial shock.

Salah satu untuk mengatasinya adalah dengan berinvestasi. Sudah pernah berinvestasi belum? Kalau belum, yuk simak 5 investasi dari Swara Tunaiku yang setiap tahunnya mengalami kenaikan nilai dan return.

1. Investasi Ilmu

Ilmu adalah inti dari semua investasi. Saat ini, ilmu pengetahuan serta teknologi sering dicari-cari. Sebab, tidak lama lagi kita akan menghadapi revolusi 4.0 yang banyak berkenaan langsung dengan internet. Kamu bisa meng-upgrade keahlian via kursus, sekolah formal, workshop, seminar, dan lainnya.

Boleh juga sering-sering ikut webinar di beberapa platform. Ciri dari revolusi industri 4.0 adalah kecepatan dan kemampuan yang terotomatisasi.

Jika saat ini masih bersantai, siap-siap saja tergilas oleh perubahan zaman yang serba ekstrem. Mobilitas yang tinggi mesti diiringi dengan sumber daya manusia yang memadai. Inilah kesempatan untuk menunjukkan kemampuanmu. Alih-alih hanya fokus pada gelar.

Baca juga:  Berikut Mitos Seputar Keuangan Harus Segera Ditinggalkan

2. Deposito

Kunci untuk mendapatkan return dari hasil investasi berupa deposito adalah sabar dan banyak menabung. Maklum, untuk mengambil sejumlah uang dan return-nya perlu menunggu waktu.

Tidak bisa setiap waktu ambil. Kurun waktunya bisa dalam hitungan bulan atau bahkan tahunan. Tergantung pilihanmu saat di awal-awal. Apakah return dari deposito ini mumpuni untuk menyejahterakan kehidupan keluarga? Bisa saja.

Asalkan jumlah tabunganmu cukup besar dan bank pilihan memiliki reputasi baik. Oleh karena itu, selain pandai menabung, mesti pintar-pintar juga dalam memilih bank tepercaya. Sebab, bagaimanapun, nanti dampaknya akan kembali juga padamu.

3. Emas

Meski sudah terkesan seperti “lagu lawas”, jenis investasi ini masih begitu diminati. Sebab, saat ini emas sudah tampil dalam bentuk yang berbeda-beda dan tentu sangat estetis. Seandainya kamu menyimpan uang hanya di bank, maka uang hanya berhenti di sana.

Baca juga:  Penduduk Miskin Bali di September 2021 Capai Tertinggi Kedua Setelah 2015

Sedangkan jika dialih-fungsikan menjadi emas, maka bisa jadi perhiasan yang cantik.
Ini penting, tentu saja. Khususnya untuk perempuan yang selalu ingin tampil modis saat ke mana-mana.

Terlebih, harga emas setiap tahunnya juga mengalami kenaikan yang signifikan. Kamu bisa memantaunya via internet. Sebab, di daerah terpencil, naik-turunnya harga emas cenderung ditutup-tutupi oleh si penjual atau kurang transparan.

4. Saham

Berapa pun modal yang kamu punya bisa digunakan untuk berinvestasi saham. Biarpun kamu hanya bermodalkan Rp 500. Keren, kan? Kenaikan harga saham per tahunnya cukup stabil.

Bahkan, saham di bidang start-up kerap kali mengalami lonjakan. Misalnya, kita bisa berkaca dengan apa yang terjadi pada start-up digital yang sudah bergelar unicon.

Untuk menemukan perusahaan yang menjanjikan memang perlu membangun relasi secara masif. Jangan lupa sering-sering berkonsultasi dengan yang sudah ahli.

Baca juga:  Hanny Targetkan Emas di PON

Lebih baik lagi jika punya mentor atau guru dalam urusan berinvestasi. Biar nantinya tidak gampang tertipu oleh iming-iming perusahaan yang tidak jelas arahnya mau ke mana.

5. Rumah atau Kantor Kontrakan

Selain harga tanah yang mengalami kenaikan, tarif penjualan kontrakan juga meningkat drastis. Hal itu terjadi karena pengaruh inflasi serta desakan kebutuhan dari warga setempat. Misalnya, kontrakan yang berada di zona calon kawasan industri. Maka, beberapa tahun ke depan pasti mengalami kenaikan seiring banyaknya pelaku usaha di kawasan tersebut.

Saat membicarakan tentang investasi, tidak akan bisa terlepas dari harapan untuk masa depan terbaik. Kita memang hanya bisa berencana, sedangkan yang menentukan adalah Tuhan.

Tapi, tanpa adanya usaha dari kita, Tuhan tidak akan berbuat apa-apa. Sekarang, apa rencanamu saat ini untuk sukses di kehidupan 5 sampai 10 tahun ke depan? (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *