MAGELANG, BALIPOST.com – Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin meresmikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tegalarum, yang berlokasi di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Jumat (7/9). Ini menunjukkan komitmen perseroan hadir untuk negeri melalui dukungan upaya peningkatan sektor pariwisata dan perekonomian di perdesaan.

Sesuai target pemerintah mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak dua juta orang di Kawasan Borobudur dan sekitar wilayah Joglosemar (Jogjakarta, Solo, Semarang) pada 2019. AP II melalui unit Community Development Center turut berpartisipasi dalam program tersebut.

Awaluddin menyambut antusias atas realisasi pembangunan Balkondes yang berjarak 3 km dari Candi Borobudur ini. Awaluddin menjelaskan, hadirnya Balkondes ini merupakan langkah awal bagi warga Desa Tegalarum untuk menunjukkan potensi-potensi lokal yang dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

Baca juga:  Santutthicitta Digelar di Borobudur

Menurut Awaluddin, Balkondes merupakan program Kementerian BUMN dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman yg ditargetkan mencapai 20 juta wisatawan pada tahun 2019. Secara umum, Balkondes dibangun untuk meningkatkan pariwisata di wilayah Magelang khususnya mengangkat kawasan wisata Candi Borobudur.

AP II membangun Balkondes ini dengan hati, rasa, karsa, serta dilandasi dengan filosofi nilai-nilai kehidupan. “Kami berharap apa yg dikobtribusikan ini bisa membawa kemajuan tidak hanya dari sisi ekonomi melalui pengembangan kegiatan UMKM tapi juga konsep berpikir untuk selalu menjadi daerah yang lebih baik,” kata Awaluddin.

Baca juga:  Indonesia Mulai Tuai Buah Manis Digitalisasi

Camat Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, warga turut antusias dalam pembangunan Balkondes, karena akan menjadi wadah bagi mereka untuk menyalurkan potensi kekayaan alam asli Tegalarum. Menurut Nanda, Balkondes Tegalarum merupakan yang ke-18 yang sudah diresmikan di Kecamatan Borobudur, terdiri dari 17 kamar yang mampu menampung 34 tamu.

Secara keseluruhan terdapat 94 kamar dan dapat menampung 105 tamu. Adapun fasilitas penunjang yang terdapat didalamnya antara lain home stay kecil, home stay besar, shower, toilet disabilitas, toilet umum, serta fasilitas wi-fi.

Baca juga:  Pengunjung Lampaui Target, Bamboo Lighting Festival Jadi Event Tahunan

Balkondes Tegalarum diproyeksikan akan menjadi digital village heritage atau digital heritage homestay. Yakni, kompleks desa wisata yg memadukan teknologi digital dengan keunikan suasana pedesaan dalam berbagi kegiatan budaya, kesenian, UMKM, pendidikan dan agro wisata. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *