Suasana di peringatan HPN yang digelar di Padang, Jumat (9/2). (BP/ira)

PADANG, BALIPOST.com – Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari akan digelar Jumat (9/2) ini di Padang. Presiden Joko Widodo akan menghadiri peringatan HPN ini.

Sebelumnya pada Kamis (8/2) malam dilakukan jamuan makan malam ala Minangkabau yang disebut “Makan Bajamba.” HPN di Kota Padang mengambil tempat di Danau Cimpago, Pantai Padang.

“Melalui kegiatan ini kami mengenalkan sebuah tradisi makan khas minangkabau, yaitu “Makan Bajamba”, ada ribuan orang yang ikut malam ini,” kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, di Padang.

Baca juga:  Nikmati River Tubing di Sungai Guwo Terus

Makan bajamba yang digelar di pekarangan Museum Adityawarman daerah setempat tersebut, juga diikuti tiga Menteri yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Sosial Idrus Marham, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, tampak lahap dalam kegiatan tersebut.

Sebelumnya, makan bajamba merupakan tradisi makan secara bersama, duduk bersama, pada suatu tempat yang telah ditentukan.

Nasrul Abit menyebutkan ada 300 dulang (alat peletak makanan) yang disajikan pada malam itu. Satu dulang diperuntukkan bagi 6 orang.

Baca juga:  Presiden Jokowi Resmikan SPKLU Ultra Fast Charging Pertama di Indonesia

Selain tiga menteri, makan bajamba juga diikuti Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Ketua PWI Pusat Margiono, Ketua KPI Yuliandre Darwis, dubes dari negera sahabat, dan ribuan peserta lainnya.

Ketua PWI Margiono menyebutkan pihaknya mengapresiasi acara “makan bajamba” tersebut. Karena dengan prosesi “makan bajamba” itu, ada begitu banyak masyarakat yang makan secara bersama di suatu tempat yang sama.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, yang memberikan sambutan mewakili Presiden RI Joko Widodo. Para peserta makan bajamba juga disuguhi pertunjukkan lagu serta sejumlah tarian khas minangkabau.

Baca juga:  FBI Ingatkan Tak Sembarangan Charge HP Gunakan Port USB Umum

Selain itu mereka juga dihibur oleh penyanyi senior asal minangkabau Elly Kasim, yang membawakan beberapa lagu hits, salah satunya “ayam den lapeh”, dan “Dindin Badindin”. (Wirata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *