DENPASAR, BALIPOST.com – Penguatan Program Pendidikan Satu Hati yang diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda terus dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) bersama main dealer Astra Motor Bali. Terbaru, untuk menyiapkan generasi muda Indonesia yang cerdas dan berdaya saing tinggi di industri otomotif dilakukan perjanjian kerjasama (Memorandum of Understanding) program kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda dengan SMKN 1 Denpasar, Senin (25/9).

Bertepatan dengan ulangtahun SMKN 1 Denpasar yang ke-55 tahun, dengan mengambil lokasi di gedung sekolah tersebut. Hadir dalam penandatangan MoU ini Perwakilan dari Dinas Pendidikan Propinsi Bali, Perwakilan dari Satu Hati Education Program PT AHM, Gunardi, Tehnikal Service Manager Astra Motor Bali, Anton Prihatno, Kepala Sekolah SMKN 1 Denpasar Ketut Suparsa, jajaran dewan guru serta siswa.

Baca juga:  Lakalantas Saat Tahun Baru, Sebagian Korban Dalam Pengaruh Alkohol

Kepala Sekolah SMKN 1 Denpasar, Ketut Suparsa mengatakan, kerjasama ini dapat memberikan manfaat tidak hanya sekedar teknik saja namun juga dapat dikembangkan menjadi teknik bisnis sepeda motor Honda.

Menurut Gunardi, melalui kerjasama link & match ini diharapakan bisa meningkatkan proses pembelajaran di SMKN 1 Denpasar. KTSM Honda ini nantinya diharapkan menghasilkan output yang kompeten serta dapat bersaing di dunia kerja.

Tidak hanya fokus pada kuantitas tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi KTSM Honda dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa dan meningkatkan status SMK KTSM Astra Honda yang ada di Bali. Setiap lulusan juga akan melalui tes atau sertifikasi uji kompetensi keterampilan teknik sebelum memasuki dunia kerja.

Baca juga:  Belum Melandai, Bali Masih Tambah Puluhan Kasus Baru COVID-19

Manager Technical Service Astra Motor Bali Anton Prihatno mengatakan program ini sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan. Silabus KTSM Astra Honda ini dikembangkan dengan memadukan standard kompetensi dan kompetensi dasar yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi pelatihan teknik Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Untuk menjamin kualitas lulusan SMK KTSM Astra Honda, secara periodik Astra Motor Bali menggelar pelatihan khusus kepada para guru SMK KTSM Astra Honda dengan memberikan materi dan pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di sepeda motor Honda. Selain itu lulusan yang berkualitas memiliki peluang bekerja di jaringan bengkel resmi Honda dan juga dapat mengembangkan pengetahuan serta keterampilannya untuk berwirausaha dengan membuka bengkel khusus yang dibina langsung oleh jaringan AHASS.

Baca juga:  Hanura Jajaki Golkar, Demokrat Nyatakan Dukung “Incumbent”

Dengan dilakukannya penandatangan MoU ini, menambah jumlah KTSM Astra Honda di Pulau Dewata menjadi 8 sekolah, setelah sebelumnya SMK PGRI2 Badung (2012), SMK Negeri 1 Manggis, Karangasem (2014), SMK Rekayasa Denpasar (2015), dan SMK Negeri 1 Amlapura (2015), SMKN 1 Klungkung (2016), SMK 1 Grokgak (2016), SMKN 2 Negara (2016), dan saat ini SMKN 1 Denpasar diresmikan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *