Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito memukul gong. (BP/ist)
JAKARTA, BALIPOST.com – Mau diskon barang-barang branded? Tidak harus menunggu Lebaran dan akhir tahun! Selasa (15/8), Mendag Enggartiasto Lukito dan Menpar Arief Yahya bakal membuka Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Happy Birthday Indonesia Festival (HBDIF) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Acara ini digelar untuk memeriahkan Dirgahayu Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 yang jatuh di bulan Agustus. Pekan diskon ini diprakarsai oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). Tentu, dengan menggandeng Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata RI.

HBDI sendiri terbagi dalam dua konsep acara. Pertama, HBDI yang berlangsung di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia mulai 17-20 Agustus 2017. Kedua, HBDIF yang diadakan di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta mulai 15-27 Agustus 2017.

Usai peresmian, akan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke area HBDIF di Gambir Expo Kemayoran. Di sana sudah ada sejumlah booth UMKM dan gerai-gerai ritel lainnya. Yang belum sempat ke Jember, menyaksikan #PesonaJFC2017 #PesonaKarnavalJember silakan ke JIEXPO, di sana ada beberapa kostum keren yang heboh di media sosial, 10-13 Agustus lalu.

Baca juga:  Bali Blues Festival 2017 Getarkan Pulau Peninsula Nusa Dua Bali

Menpar Arief Yahya yang sempat mendampingi Presiden Joko Widodo di Jember menyebut, belanja dan kuliner adalah salah satu wisata yang paling banyak diminati. Dari 60% portofolio bisnis pariwisata di cultural, 45% adalah wisata kuliner dan fashion, yang identik dengan belanja.

HBDI diharapkan mampu menjadi event ritel baru berskala nasional di Indonesia dan menjadi festival ritel tahunan terbesar di negeri ini. HBDI juga diwarnai oleh beragam acara, antara lain musik, hiburan, peragaan busana, talkshow dan masih banyak lagi. “Selamat berbelanja di HUT RI ke-72,” kata Menpar Arief Yahya.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, mengatakan, “HBDI merupakan hadiah istimewa kami untuk masyarakat Indonesia dalam merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Bertujuan untuk menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus, HBDI adalah bentuk dukungan kami kepada pemerintah,” katanya.

Baca juga:  Kapolri Putuskan Seribuan Polsek Tak Lagi Lakukan Penyelidikan

Budihardjo juga menambahkan, “Melalui event ini, kami juga memberikan kesempatan kepada peritel dan produsen dalam negeri untuk meningkatkan penjualan produk lokal.”

Ketua Panitia HBDI, Fetty Kwartati, menjelaskan, “HBDI diharapkan akan menjadi acara belanja offline ikonik di Indonesia yang akan menarik baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Melalui acara HBDI, kami turut mempromosikan Indonesia, bukan hanya sebagai tempat tujuan wisata alam dan budaya, melainkan juga Indonesia sebagai salah satu negara tujuan wisata belanja dan kuliner.”

Berbagai penawaran khusus diberikan oleh para peserta HBDI untuk para pengunjung. “Mulai diskon hingga 72%, shop till you drop atau clearance sale yang memberikan diskon lebih, shopping rally hingga program happy hour di hari kerja,” katanya.

HBDI lebih dari sekadar wahana belanja dengan menghadirkan beragam aktivitas yang atraktif, interaktif dan edukatif. Sejumlah acara yang ditampilkan termasuk Jember Fashion Carnival yang kembali hadir pada 17 Agustus 2017 serta penampilan khusus dari grup musik terkenal GAC pada 19 Agustus 2017 dan NIDJI pada 26 Agustus 2017.

Baca juga:  Dari Ini Hasil Sementara Hitung Cepat Dana-Dipa Lawan Massker hingga Cek Perolehan Suara, PDIP Bali Siapkan Ini

Untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2017, HIPPINDO menggelar sejumlah perlombaan khas tujuh belasan seperti lomba makan kerupuk, memindahkan kelereng dengan sendok dan joget balon yang diawali dengan upacara bendera di pagi harinya.

Tidak hanya menyajikan hiburan, HIPPINDO juga melakukan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia Jakarta dan mengajak pengunjung untuk melakukan donor darah pada 19 Agustus 2017 serta melakukan program bakti sosial setelah acara usai.

Dukungan positif mengalir dari berbagai pihak, yaitu Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, asosiasi terkait, pemerintah daerah DKI Jakarta serta Bank Mandiri sebagai sponsor utama. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *