Suasana pelaksanaan Head Talk yang digelar untuk pelaku industri perhotelan, Senin (17/7). (BP/may)
DENPASAR, BALIPOST.com – Keberadaan Kepariwisataan Indonesia saat ini mencapai titik pertumbuhan yang sehat dan diakui keberadaannya oleh dunia. Bukan hanya pada pembentukan destinasi baru dan usaha wisata baru, juga peningkatan daya saing atas kualitas produk dan sumber daya manusianya.

Di sisi lain, negara negara tetangga kita juga memacu perkembangan kepariwisataannya sedemikian rupa sehingga memicu persaingan yang sangat ketat. Hal ini menjadi tantangan yang menggelitik daya juang sebagai anak bangsa.

“Kualitas sumber daya manusia menjadi critical point dalam membangun bangsa. Itulah sebabnya, sebagai pelaku industri yang sekaligus pendidik kepariwisataan, kami menghadirkan pendidikan, pelatihan dan sertifikasi berkualitas International, di-deliver oleh anak bangsa yang menguasai keahlian akademis dan vokasional serta sertifikasi yang diakui dunia. Sehingga perkembangan kepariwisataan Indonesia berjalan pada rel yang tepat menuju sasaran yang tepat pula,” kata I Gede Wiwin Suyasa, CHA., CHE., Komisiaris Utama Global Hospitality Expert, Senin (17/7).

Baca juga:  Gelar Sidak ke PLTU Celukan Bawang, DPRD Soroti Rendahkan Serapan Naker Lokal

Saat ditemui pada acara HEAD Talk, peluncuran Hospitality Education and Development yang terdiri dari industri credentials, qualification certificate, academic plus dan essentiak workshop di H Sovereign Hotel, ia mengatakan dilakukan juga peluncuran tiga buku kepariwisataan. Tiga buah buku kepariwisataan ini disusun dan ditulis oleh putra-putra daerah Bali yang sangat concern dengan industri perhotelan. Nyoman Astama, SE., CHA, Ketua IHGMA Bali meluncurkan buku motivasi tentang meraih sukses dengan judul “Success;YOU!”, dilanjutkan oleh Dede Ari Gunawan, President Director Bali Citra International dengan buku motivasinya tentang peningkatan kualitas diri untuk sebuah kesuksesan yang berjudul “The Courage of Living”, dan yang terakhir adalah buku yang diluncurkan oleh K. Swabawa, CHA, Director Swaha Hospitality Management berjudul “Hotel General Manager Hand Book” yang berisi tentang pengetahuan dan strategi seorang GM dalam mengelola suatu hotel.

Baca juga:  Satu Desa di Tabanan Masih Zona Merah

“Global Hospitality Expert (GHE) merupakan divisi Professional Hospitality Education and Development dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bali International (STPBI) yang merupakan Official Global Academic Partner atau Mitra Akademis Resmi American Hotel & Lodging Education Institute (AHLEI) sejak 2014,” kata Suyasa.

President Director GHE, Agus Yoga Iswara, BBA.,BBM.,MM.,CHA, menyampaikan bahwa seluruh program GHE didesign dan diperuntukkan sebagai legitimasi kualitas keahlian profesi berstandard Internasional (Industry Credential), persiapan jenjang karir dari level karyawan hingga General Manager (Qualification Certificate), percepatan pembelajaran akademis dan vokasional jenjang mahasiswa, instruktur hingga Educator (Academic Plus).

Baca juga:  Aston Denpasar Raih Penghargaan "Best Payer Management Fee 2018"

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan naskah kerjasama GHE dengan sekolah-sekolah kepariwisataan seperti Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali (STPNB), Polytechnic International Bali (PIB), Elizabeth International serta Mediterranean Bali. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *