Kanker Prostat
Kopi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Tiga cangkir kopi espresso tiap hari diklaim tidak hanya mampu mengusir kantuk. Sebuah penelitian mengaitkan kafein dengan penurunan risiko kanker prostat hingga 53 persen.

Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Cancer ini kembali menegaskan manfaat kafein bagi prostat. Sebelumnya, berbagai penelitian telah lebih dulu mengaitkannya dengan penurunan risiko kanker prostat.

Sebanyak 7.000 pria di Molise Italia dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka diamati selama 4 tahun, terkait kebiasaan mereka minum kopi lalu dikaitkan dengan kasus-kasus kanker prostat yang muncul.

Baca juga:  Perkebunan Peninggalan Belanda Menjadi Destinasi Wisata  

“Kami melihat penurunan risiko 53 persen, pada mereka yang mengonsumsi lebih dari tiga cangkir tiap hari,” kata George Pounis dari Neuromed yang melakukan penelitian itu.

Temuan itu lalu dikonfirmasi dengan menguji ekstrak kopi di laboratorium. Mereka menggunakan ekstrak yang mengandung kafein dan tanpa kafein, dan terbukti efek terhadap sel-sel kanker prostat hanya ditemukan pada ekstrak yang mengandung kafein.

Belum lama ini, sebuah penelitian tentang kopi juga membawa kabar baik bagi pencinta minuman tersebut. Takaran hingga 4 cangkir kopi tiap hari, menurut penelitian tersebut masih dikategorikan aman bagi orang dewasa sehat. (Goes Arya/balipost)

Baca juga:  Rumah Isolasi Kastala, Begini Kondisinya
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *