AMLAPURA, BALIPOST.com – Hari libur dimanfaatkan umat Hindu di Bali untuk tangkil ke Pura Agung Besakih, serangkaian karya Ida Batara Turun Kabeh. Terbukti, pamedek memadati Pura Besakih hingga membuat jalur ke pura terbesar di Bali itu padat merayap.

Kepadatan sudah terjadi sejak Sabtu (22/4) dan diprediksi akan berlanjut sampai Senin (24/4) hari ini, sebelum memasuki hari kerja, Selasa (25/4) besok.

Baca juga:  Gubernur Koster Dinobatkan Tokoh Teladan Pemajuan Budaya Lokal Era Disrupsi

Kapolsek Rendang AKP Nengah Berata, mengatakan membludaknya pamedek di hari libur, sudah diprediksi sebelumnya. Sehingga, pihak kepolisian bersama jajaran TNI, Dinas Perhubungan Karangasem dan Badan Pengelola Pura Agung Besakih, melakukan langkah-langkah antisipasi.

Badan Pengelola fokus menangani persoalan kepadatan pamedek di dalam pura. Sedangkan polisi, TNI dan Dinas Perhubungan mengantisipasi membludaknya pamedek di luar areal pura. Salah satu yang dilakukan petugas di luar areal pura, adalah dengan menambah areal parkir hingga memanfaatkan rumah-rumah pribadi warga setempat.

Baca juga:  Bangli Tiap Hari Tambah Korban Jiwa COVID-19, Salah Satunya Meninggal Saat Karantina Mandiri

“Kepadatan pamedek sudah terjadi sejak Sabtu. Pamedek memang membludak, memang terjadi kepadatan pamedek, tapi bukan macet ya,” kata Kapolsek Rendang AKP Nengah Berata. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *