Pendidikan Karakter
Bupati Suwirta (2 kiri) saat membuka Bimtek mengenai pendidikan keluarga dan karakter di satuan pendidikan di Graha Purwaka Pangi Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Senin, (17/4). (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi PLT Kepala Dinas Pendidikan Dewa Gede Darmawan menghadiri kegiatan Bimtek mengenai pendidikan keluarga dan karakter di satuan pendidikan di Graha Purwaka Pangi Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Senin, (17/4). Bimtek ini bertujuan untuk mempercepat proses pencapaian visi misi Presiden Republik Indonesia yakni terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Bupati Suwirta dalam sambutannya menyatakan pendidikan karakter harus ditempatkan pertama. Sebab apabila guru tidak bisa menerapkan konsep pembentukan karakter kepada anak didik maka bukanlah guru yang sejati. Mengingat menurutnya guru yang sejati adalah guru yang selalu melihat bagaimana tugas yang bisa menjadikan anak didiknya manusia yang sesungguhnya. “Manusia-manusia yang sesungguhnya adalah manusia-manusia yang kuat,” jelasnya.

PLT Kepala Dinas Pendidikan Dewa Gede Darmawan dalam laporannya mengatakan tujuan diadakan Bimtek yakni meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepala satuan pendidikan, pengawas dan penilik tentang penyelenggaraan pendidikan keluarga di satuan pendidikan. Selain itu mendorong satuan pendidikan untuk menyelenggarakan layanan pendidikan keluarga. “Sasaran dari acara bimtek ini adalah kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya dalam melaksanakan kemitraan dengan keluarga dan masyarakat,” bebernya.

Baca juga:  Bupati Suwirta Buka Klungkung Kicau CUP 2017
Pihaknya menambahkan, kegiatan ini juga menyasar komite sekolah sebagai mitra kerja satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program sekolah. Kegiatan bimtek berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 17 sampai dengan 19 april 2017 bertempat Di Graha Purwaka Pangi.

Peserta kegiatan Bimtek pendidikan keluarga terdiri dari 42 unsur kepala sekolah diantaranya, jenjang TK 15 orang, jenjang SD 15 orang, SMP 7 orang, jenjang Dikmas 5 orang. Anggaran Kegiatan Bimtek ini berasal dari dana DIPA Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Tahun 2017.

Diakhir sambutan, Bupati Suwirta membuka Bimtek secara simbolis dengan menyematkan tanda Peserta kepada peserta Bimtek.

Turut hadir dalam kegiatan bimtek ini Kepala BP PAUD Dikmas Provinsi Bali Ny. Endah Warsiati dan Fasilitator Pusat Direktorat Pendidikan Keluarga Dyah Mahesti Wijayani. (Dewa Farendra/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *