upacara
Suasana melasti di Pantai Masceti yang diikuti ribuan krama, Rabu (22/3). (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Upacara melasti serangkaian karya Padudusan di Pura Penataran Sasih, diselenggarakan ke Pantai Masceti, Rabu (22/3). Prosesi ini pun diikuti ribuan krama dari Desa Pakraman Jero Kuta Pejeng, Tampaksiring.

Berdasarkan pantauan, tampak ribuan krama telah bersiap-siap di Pura Penataran Sasih sejak Rabu pagi, sekitar pukul 07.00 wita. Selain Ida Bhatara Pura Penataran Sasih dan Ida Bhatara sesuhunan Pura-Pura di Jero Kuta Pejeng, prosesi melasti ke Pantai Masceti ini juga diikuti Ida Betara Sasuhunan Manca-manca (luar Desa Pekraman Jero Kuta Pejeng).

Baca juga:  Serahkan Santunan ke Istri Co-Pilot Wayan Sugiarta, Jasa Raharja Sambangi Keluarga di RS

Sekitar pukul 09.00 prosesi upacara melasti dimulai yang dipuput Ida Pedanda Wayahan Bun dari Geriya Sanur Pejeng. Setelah melakukan persembahyangan bersama, seluruh prosesi melasti pun usai sekitar pukul 11.10. Sejumlah krama bersiap-siap kembali ngiring Ida Bhatara mewali budal.

Manggala Karya Padudusan Pura Penataran Sasih, Ngakan Nyoman Suardita mengatakan, prosesi melasti ini dilaksanakan secara bergiliran setiap tahun serangkaian karya pujawali di Pura Penataran Sasih. Jika tahun ini dilangsungkan di Pantai Masceti, tahun depan melasti dilangsungkan di Pura Tirtha Empul Tampaksiring dan tahun berikutnya ngubeng di Pura, begitu seterusnya. “Kebetulan prosesi melasti ini bersamaan dengan melasti serangkaian hari Raya Nyepi,“ jelasnya.

Baca juga:  Serangkaian Karya Dalem Agung PSNKK, Digelar Melasti dan Bhakti Pakelem ke Segara Klotok

Ditambahkan usai melasti, Ida Betara Sesahununan Pura Penataran Sasih akan dihaturkan upacara penyineban. (manik astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *