Made Muliawan Arya. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebagaimana diprediksi sejak awal, Ketua Umum Pengkot Pertina Denpasar Made Muliawan Arya yang akrab disapa De Gadjah, bakal melenggang mulus menjabat ketua umum pengprov Pertina Bali masa bakti 2021-2025. Ia menggantikan Nyoman Adi Wiryatama.

Musprov sendiri berlangsung di Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Minggu (28/3), dihadiri sembilan utusan pengkot dan Pertina se-Bali. Proses pemilihan ketum Pertina Bali secara aklamasi, mengingat De Gadjah merupakan calon tunggal.

Usai terpilih, De Gadjah menegaskan, pihaknya bakal merekrut petinju pemula, melalui ajang Tinju Masuk Desa (TMD). “Jadi, kami akan menggeliatkan kembali program TMD,” ungkap dia.

Baca juga:  OIKN dan Kadin Undang Investor di Bali Tanam Modal di IKN

Tujuannya, kata dia, untuk menjaring petinju pemula yang berbakat dan bertalenta. Selanjutnya, mereka akan berlatih di sasana milik Pertina Bali yang rencananya di Denpasar. “Pertina Bali ingin memiliki sasana, yang menggembleng petinju pemula. Namun petinju pemula ini akan dikembalikan memperkuat daerahnya masing-masing di ajang Porprov,” tuturnya.

Selain itu, De Gadjah juga ingin meningkatkan kualitas SDM, baik pelatih maupun wasit dan juri. Caranya, Pertina Bali mendatangkan pelatih nasional maupun wasit dan juri nasional. Mereka didatangkan ke Bali, guna memberikan kursus kepada pelatih serta wasit dan juri dari seluruh pengkab dan pengkot Pertina se-Bali. “Kami ingin perkembangan tinju tidak terfokus di Denpasar, tetapi merata ke seluruh Bali,” harapnya.

Baca juga:  Gerak-geriknya Mencurigakan, Empat Orang Diamankan

Bahkan, pihaknya juga siap mengikutsertakan pelatih, wasit serta juri Bali, guna mengikuti kursus nasional yang digelar PP Pertina. Hingga berita ini diturunkan, petinju Bali Kornelis Kwangu Langu yang turun di kelas layang (49 kg), di final menaklukkan Mario Kali (NTT).

Seorang petinju Bali lagi Cakti Dwi Putra (kelas menengah/75 kg) juga melaju ke final meladeni Rusdianto Suku (Lampung) di Jakarta, Minggu (28/3). Apa pun hasilnya, Kornelis dan Cakti dipastikan menghuni Pelatnas SEA Games.

Baca juga:  Jaring Bibit Petinju, Pertina Bali Gelar Kejurda

Sementara, Ketua Panitia Musprov Made Murtika Sasmara Putra menerangkan, selama ini Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama telah menjabat Pertina Bali selama empat priode. “Meskipun Adi Wiryatama tidak lagi menjabat ketua Pertina, tetapi dirinya tidak mau meninggalkan dunia adu jotos dan masuk dalam Dewan Pembina,” ujarnya. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *