Lokasi gempabumi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gempabumi terjadi Jumat (8/5) pada pukul 18.32.46 WITA. Gempa ini, menurut BMKG, dirasakan di wilayah Kuta dan Negara.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 8,97 LS dan 114,48 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 km BaratDaya Jembrana – Bali, pada kedalaman 72 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah. Terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

Baca juga:  Dikira Sampah Ternyata Mayat Orok

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS, mengatakan dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), serta di Negara II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga:  Air Danau Meluap, Lahan Pertanian di Kedisan dan Buahan Terendam

“Hingga pukul 19:05 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” sebutnya dalam rilis yang diterima.

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *