Seorang petugas PDAM Kota Denpasar melihat kondisi penyaringan di IPA Belusung, Denpasar. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kerusakan bendung karet di aliran Tukad Penet berdampak pada distribusi air Perumda Air Minum Tirta Sewaka Dharma (PDAM) Denpasar kepada para pelanggannya. Karena beberapa wilayah di Denpasar Barat terganggu distribusi air bersihnya.

Karena itu, PDAM melakukan langkah-langkah cepat untuk membantu warga yang aliran air bersihnya terganggu. Dirut Perumda Air Minum Tirta Sewaka Dharma (PDAM) Denpasar, I.B.Gede Arsana, Kamis (8/4) mengungkapkan saat ini terjadi gangguan aliran air ke pelanggan  dikarenakan karet pada bendungan SPAM Penet Provinsi Bali robek.

Kejadian ini terjadi pada 7 April pukul 08.30 WITA dan membuat pendistribusian air ke Denpasar juga terganggu. “Ada indikator bocor di bagian lepitan karet sehingga jaringan menuju PDAM ditutup dikarenakan level di rvs 5000 sudah di batas minimum,” katanya.

Pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida untuk tindak lanjut penanganan. Menurutnya, saat ini pihak BWS masih melakukan koordinasi dengan teknisi dan koordinator lapangan. “Perbaikan sedang berlangsung,” ujar Arsana.

Baca juga:  Tutupi Kerugian, PDAM Akan Naikan Tarif dan Cabut Subsidi Pelanggan 2018

Perbaikan terkait kebocoran ini diperkirakan baru selesai pada 14 April, sehingga air baru bisa mengalir normal ke Denpasar pada 15 April 2020. Beberapa wilayah khususnya yang berada di wilayah Denpasar Barat pun terdampak seperti Jalan Gunung Sanggiang, Jalan Gunung Agung, Jalan Gunung Gede, Jalan Gunung Asem, Jalan Padang Kartika, Jalan Gunung Lebah, Jalan Gunung Lumut, Jalan Buana Raya, Perumahan Kertapura, Jalan Pura Demak, Perumnas Monang Maning serta beberapa wilayah di sekitarnya.

Mengatasi masalah ini, PDAM melakukan pengiriman air bersih dengan menggunakan tiga mobil tangki. Pengiriman pelayanan air melalui mobil truk tangki bagi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Sewaka Dharma Kota Denpasar yang terkena dampak dari gangguan produksi dari UPT SPAM Penet Provinsi Bali. Pengiriman dilakukan ke wilayah Padang Sambian Kaja Jl. Buana Permai, Padang Kartika. (Asmara Putera/balipost)