RS PTN Unud. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – RS Khusus COVID-19 jika sesuai dengan jadwalnya akan mulai beroperasi pada Selasa (7/4). Kesiapan RS PTN Unud sebagai rumah sakit yang ditunjuk Gubernur Bali, Wayan Koster, untuk khusus menangani pasien COVID-19 sudah mulai dilakukan sejak seminggu terakhir.

Dikonfirmasi, Senin (6/4), Direktur RS PTN Unud Dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra mengatakan, untuk kesiapan sudah semua siap. Baik dari segi ruangan, maupun fasilitas yang dibutuhkan.

Meski sudah siap untuk menerima masien khusus Covid-19, namun pihaknya berharap, jangan sampai ada lagi penambahan pasien COVID-19 di Bali. “Sudah-sudah siap kita (RS PTN Unud-red). Mudah-mudahan tidak ada penambahan pasien. Itu saja doanya,” harapnya.

Sebelumnya, pada Kamis (2/4), Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra, melakukan peninjauan terkait kesiapan RS PTN Unud. Ia menjelaskan pengertian siap yang dimaksud yakni siap dalam kapasitas penanganan yang lebib banyak.

Baca juga:  Bulan Bahasa Bali Resmi Dibuka, 2020¬†Peserta Festival Nyurat Lontar

Karena, kata Dewa Indra yang juga Sekda Provinsi Bali ini, RS PTN Unud sebelumnya hanya menangani pasien COVID-19 dalam jumlah sedikit. Ke depan, khusus dalam penanganan COVID-19, RS PTN Unud menyediakan 96 kamar.

Terkait bantuan dari Pemprov Bali lanjut dia, akan dilengkapi peralatan-peralatan yang diperlukan agar RS ini bisa beroperasi melaksanakan penugasan sebagai RS khusus COVID-19. Kedua komitmen dalam membiayai operasionalnya. “Dalam operasional itu ada SDM, Ada sumber daya peralatannya, ada segala macam, kalau kita sudah berbicara operasional,” bebernya.

Untuk anggaran, kata dia, inilah yang akan dibahas kembali. Peninjauan lapangan ini salah satunya untuk memastikan yang masih dibutuhkan. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN