AMLAPURA, BALIPOST.com – Desa Adat Jasri, Kelurahan Subagan, Karangasem melaksanakan upacara Aci Ngusaba Nini (Ngusaba Kedasa Agung) yang puncaknya jatuh pada Sabtu (4/4). Akibat adanya penyebaran COVID-19, upacara hanya dilakukan oleh pihak panitia.

Bendesa Adat Jasri, I Nyoman Mawi Yuristira saat dikonfirmasi, Minggu ( 5/4) mengungkapkan, puncak karya dilaksanakan pada Sabtu (4/4). Dan ida bhatara nyejer selama tiga hari di Pura Bale Agung Desa Adat Jasri.

Untuk upacara nyineb, bertepatan dengan Purnama Kedasa, Selasa (7/4). “Hari ini dilaksanakan upakara Ngemalangin. Sementara untuk sebelumnya telah menggelar upakara Nuur Tirta Kamandanu, yang merupakan upakara inti dari ritual Ngusaba Aci,” ucapnya.

Yuristira menambahkan, pelaksanaan upakara sendiri tetap berjalan sebagaimana mestinya. Hanya, untuk melaksanakan upacara ini jumlah krama yang terlibat dibatasi.

Baca juga:  Karena Ini, Ratusan Krama Desa Adat Jasri Turun ke Jalan

Itu dilakukan, untuk mengikuti imbauan pemerintah dilarang melibatkan orang banyak untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini. “Yang terlibat hanya panitia karya saja. Kita batasi jumlah krama yang terlibat,” katanya.

Pelaksanaan upakara tetap lengkap tidak ada mengurangi sarana upakara. Seluruh krama melakukan upacara dengan cara ngayeng dari rumah masing-masing. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN