Petugas medis mengenakan pakaian steril saat akan memasuki Labotarium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta, Selasa (11/2/2020). (BP/Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Enam pasien positif COVID-19 di Bali yang baru diumumkan pusat, Rabu (1/4), ternyata sudah ada yang dinyatakan sembuh versi Satgas Penanggulangan COVID-19 Bali. Jumlahnya, kata Kepala Satgas Penanggulangan COVID-19 Bali, Dewa Made Indra, mencapai dua orang.

Ia mengatakan hal itu pada saat video conference., Rabu sore. Disebutkannya ada 6 orang yang dinyatakan sembuh, 2 orang berasal diantaranya termasuk dalam 6 orang positif COVID-19 yang baru diumumkan tersebut. “Sebab, 2 orang tersebut telah dirawat di rumah sakit. Hasil swabnya pun diumumkan secara bersamaan setelah melewati 2 kali uji laboratorium,” ujarnya.

Karena sembuh 2 orang, lanjutnya, yang positif ini tinggal 4 orang. “Kenapa diumumkan bersamaan, antara positif dan sembuhnya, karena dia dirawat di rumah sakit, meskipun dia positif tapi fisiknya sehat,” paparnya.

Baca juga:  Tambah 738 Kematian Akibat COVID-19, Spanyol Ambil Alih Posisi Tiongkok

Setelah beberapa hari dirawat, ungkapnya lagi, baru keluar hasil laboratoriumnya yang menyatakan positif. “Tetapi pada saat yang sama, karena kondisi fisiknya sehat hasilnya negatif setelah 2 kali dilakukan cek laboratorium,” tambahnya.

Adanya PDP yang sembuh tersebut, ujar Dewa Indra, membuktikan bahwa keyakinan dan kepercayaan kepada masyarakat bahwa COVID-19 ini bisa disembuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan kedisiplinan dalam menjaga kesehatan dan disiplin menjalani karantina. Sebab, kedisiplinan adalah kunci untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 tersebut. (Winatha/balipost)d

BAGIKAN