AA Rai Yuda Darma. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung membuat skema pengaturan lalu lintas selama rangkaian perayaan Nyepi Tahun Caka 1942. Seratusan personel ini disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan selama pelaksanaan melasti, tawur kesanga, dan arakan ogoh-ogoh.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Badung, AA Rai Yuda Darma, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas, sehingga tidak terjadi kemacetan pelaksanaan rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1942 Tahun 2020. “Untuk kegiatan Tawur Kesanga besok (hari ini, red) untuk Kabupaten Badung yang mengambil tempat di Catuspata Desa Adat Blahkiuh, kami akan atensi. Tim kami sebanyak 46 orang yang akan melakukan penjagaan dan pengaturan di lokasi upacara,” ujar AA Yuda Darma, Senin (23/3).

Baca juga:  Pasar Murah Jelang Nyepi, Putri Suastini Koster Harap Bisa Ringankan Beban Masyarakat

Sedangkan untuk pelaksanaan Tawur Kesangan di Badung Selatan, kata AA Yuda Darma diatensi oleh UPT LLA Badung Selatan dengan pelaksanaan Tawur Kesanga di Simpang Kerobokan, Seminyak dan Pura Desa Adat Kuta. “Pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan di Badung Utara, yakni di Jalur Plaga-Denpasar, Jalur Denpasar-Plaga melalui Pasar Mambal, Jalur Denpasar-Plaga melalui Penarungan,” pungkasnya. (Parwata/balipost)