Suasana di Wings Internasional, RSUP Sanglah. (BP/edi)

DENPASAR, BALIPOST.com – Warga negara asing (WNA) yang berencana pulang ke negaranya, banyak yang memeriksakan untuk mendapatkan surat keterangan sehat. Seperti di RSUP Sanglah, Senin (23/3) siang, puluhan WNA antre untuk memeriksakan diri di Wings Internasional.

Puluhan WNA menunggu dengan sabar giliran untuk diperiksa. Pemeriksaan kesehatan tersebut sangat penting di tengah pandemi COVID-19. Tanpa surat keterangan sehat, seseorang akan sulit masuk ke suatu negara.

Di sisi lain, RSUP Sanglah telah mempersiapkan diri untuk menyambut hari raya Nyepi. Sebagaimana diketahui, hampir seluruh instansi dan perusahaan akan tutup saat Nyepi. Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP Sanglah Dr. dr. I Ketut Sudartana, Sp.B.KBD., mengungkapkan serangkaian hari raya Nyepi, RSUP Sanglah libur pada 24 sampai 26 Maret 2020.

Baca juga:  Keasyikan Nonton Ogoh-ogoh, Tiga WNA Diamankan Pecalang di Bongkasa

Meski demikian, ada fasilitas yang masih tetap dibuka yakni Instalasi Gawat Darurat (IGD). “Untuk menunjang pelayanan tersebut, kami sudah siapkan enam dokter spesialis onsite yang berjaga yakni spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, spesialis anak, anastesi, radiologi dan spesialis kandungan,” ujar Sudartana.

Di samping itu, mereka di-support tenaga keperawatan, analis, laboratorium, radiographer, dan penunjang lainnya. Maka dari itu pihaknya mempersilakan masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan untuk datang ke RSUP Sanglah.

Pihaknya memastikan RSUP Sanglah melayani masyarakat sesuai standar pelayanan. “Sedangkan untuk obat, sudah disiapkan dengan jumlah aman. Dipastikan pelayanan dapat berlangsung dengan baik. Kami utamakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien,” tegasnya. (Yudi Karnaedi/balipost)